View Full Version
Sabtu, 18 Aug 2018

Milisi Syi'ah Irak Dukungan Iran Jual Visa Haji yang Diberikan Gratis Pemerintah Saudi

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Lebih dari setengah visa haji yang diberikan oleh otoritas Saudi kepada politisi, pemimpin agama dan milisi terkemuka Irak dilaporkan telah dijual di pasar gelap.

Seorang pejabat dalam Komisi Haji dan Umrah Irak mengatakan kepada The New Ara pada hari Jum'at (17/8/2018) bahwa lebih dari 1.500 visa pelengkap telah dijual.

Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonimitas, mengatakan visa-visa itu telah dijual masing-masing hingga $ 4,500 dan memperingatkan penjualan itu menyediakan dana untuk milisi Syi'ah Irak yang didukung Iran yang dikenal sebagai Hashed al-Shaabi.

"Sekitar 20 milisi diberi total sekitar 500 visa, yang telah dijual seperti yang dilakukan banyak pejabat lain," katanya.

Mohammad al-Mashhadani, seorang anggota Gerakan Populer di Irak, mengatakan bahwa beberapa milisi yang didukung Iran telah mendapatkan keuntungan lebih dari $ 100.000 melalui penjualan visa haji.

Menurut laporan itu, Riyadh tahun ini memberikan 3.000 visa kepada petinggi Irak.

Otoritas Saudi telah lama memberikan visa haji kepada politisi Muslim dan tokoh-tokoh terkemuka di seluruh dunia.

Haji, yang setiap Muslim berbadan sehat yang mampu melakukan perjalanan wajib melakukan setidaknya sekali, akan diadakan tahun ini selama periode 19-24 Agustus.

Pihak berwenang Saudi mengatakan tahun ini mereka mengharapkan kedatangan sebanyak dua juta peziarah. (st/TNA)


latestnews

View Full Version