View Full Version
Ahad, 19 Aug 2018

Lebih 2 Juta Umat Muslim dari Seluruh Dunia Mulai Prosesi Ibadah Haji Tahun Ini

MAKKAH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Lebih dari dua juta umat Muslim dari seluruh dunia berkumpul di kota suci Makkah di Arab Saudi untuk memulai prosesi ibadah Haji tahun ini.

Ziarah haji tahunan tersebut dimulai pada hari Ahad (19/8/2018)

Pertemuan di satu tempat umat Muslim dari seluruh dunia dilihat sebagai cara mengirim pesan persatuan Muslim ke seluruh dunia.

"Ini adalah impian setiap Muslim untuk datang ke sini ke Makkah," kata pria Prancis Soleiman Ben Mohri, seorang Muslim berusia 53 tahun. “Ini adalah perjalanan terakhir.”

Masing-masing dan setiap Muslim, pria atau wanita yang berbadan sehat, wajib menyelesaikan ibadah haji setidaknya sekali seumur hidup mereka jika mereka juga memiliki kemampuan keuangan yang cukup untuk melakukannya.

Sebagian besar jamaah mulai bergerak pada hari Ahad dari Mekkah ke Mina di dekatnya, di mana mereka akan bermalam di tenda-tenda tahan api.

Ribuan bus dan kendaraan yang membawa para jamaah berbaris sepanjang delapan kilometer dari Mekah ke Mina. Banyak jamaah melakukan perjalanan dengan berjalan di bawah terik matahari yang menyengat. Saat ini suhu di Makkah dan sekitarnya diperkirakan mencapai 40 derajat .

Sekitar 54 juta jamaah dari berbagai negara telah melaksanakan ibadah Haji selama 25 tahun terakhir, menurut angka resmi.

Hampir 14.000 penerbangan internasional dan domestik sejauh ini telah mengangkut jamaah haji dengan sekitar 21.000 bus juga digunakan. (st/ptv,aje)


latestnews

View Full Version