View Full Version
Sabtu, 25 Aug 2018

AS Batalkan Bantuan untuk Palestina Senilai Lebih dari 200 Juta USD

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Amerika Serikat pada hari Jum'at (24/8/2018)  memangkas lebih dari $ 200 juta bantuan untuk Palestina menyusul tinjauan yang diprakarsai oleh Presiden Donald Trump.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri mengkonfirmasi langkah itu, dengan mengatakan bahwa dana yang awalnya ditujukan untuk Tepi Barat dan Gaza akan digunakan oleh "proyek-proyek prioritas tinggi di tempat lain."

"Atas petunjuk Presiden Trump, kami telah melakukan peninjauan bantuan AS kepada Otorita Palestina dan di Tepi Barat dan Gaza untuk memastikan dana ini dihabiskan sesuai dengan kepentingan nasional AS dan memberikan nilai kepada pembayar pajak AS," kata pejabat itu. mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Sebagai hasil dari tinjauan itu, sesuah arahan Presiden, kami akan mengalihkan lebih dari $ 200 juta dalam Dana Pendukung Ekonomi FY2017 yang semula direncanakan untuk program di Tepi Barat dan Gaza," pejabat itu menambahkan, mengacu pada tahun fiskal 2017.

Pernyataan singkat tiga paragraf tidak menyebutkan secara tepat berapa banyak dana yang akan dipotong, hanya memberikan perkiraan kasar lebih dari $ 200 juta.

Trump telah memicu kemarahan global atas keputusannya untuk secara sepihak mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel Desember lalu. Langkah itu melemahkan pondasi perdamaian Israel-Palestina yang sudah lama berdiri di mana status kota itu akan ditentukan sebagai masalah status akhir.

Palestina telah mengutuk seruan dari pemerintah Trump untuk kembali ke meja perundingan, dengan alasan Washington menyerahkan statusnya sebagai mediator netral dengan membuat deklarasi tersebut. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version