View Full Version
Rabu, 29 Aug 2018

SNHR: 82.000 Dihilangkan Paksa, 14.000 Tewas di Tangan Rezim Bashar Al-Assad

DAMASKUS, SURIAH (voa-islam.com) - Hampir 82.000 warga Suriah telah dihilangkan secara paksa oleh rezim Presiden Suriah Bashar Al-Assad sejak dimulainya konflik, dengan lebih dari 14.000 terdaftar sebagai telah meninggal dalam tahanan, Jaringan Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SNHR) mengungkapkan dalam sebuah laporan hari Selasa (28/8/2018) ini.

Mengungkap penangkapan sistematis tidak hanya aktivis, tetapi juga anggota keluarga dan teman-teman mereka, SNHR menerbitkan angka-angka yang dikumpulkan sejak 2011 setelah keputusan rezim untuk merilis informasi tentang nasib beberapa korban penculikan pada Mei tahun ini. Sejauh ini, Damaskus telah secara resmi hanya mengakui kematian 836 orang yang berada di tahanan, tiga perempat di antaranya tercatat dalam basis data orang hilang SNHR.

"Sulit untuk mengetahui dengan pasti apa tujuan rezim Suriah, tapi saya pikir ada dua kemungkinan jawaban - yang pertama adalah bahwa Rusia adalah orang-orang yang mengatakan kepada rezim Suriah [untuk melepaskan nama-nama] tersebut untuk mengakhiri masalah ini." [penghilangan paksa], yang telah menjadi rintangan dalam cara menutup bencana Suriah. Yang kedua adalah bahwa rezim Suriah ingin menunjukkan bahwa mereka telah mencapai kemenangan di lapangan, dan yang tersisa adalah mengakhiri isu tahanan sehingga warga dan masyarakat dapat kembali di bawah ketundukannya menerima kenyataan bahwa ini adalah hanya pilihan, ”kata Ketua SNHR, Fadel Abdul Ghany.

"Sebagai pembela hak asasi manusia, kita harus mempertanyakan tujuan Dewan Keamanan, OHCHR, dan hukum internasional dalam kaitan semua ini."

Dari 836 kematian yang secara resmi dikonfirmasi oleh rezim Suriah, sebagian besar orang yang hilang ditahan di Penjara Militer Saydnaya di pinggiran Damaskus. Pusat ini berafiliasi erat dengan intelijen militer Suriah dan merupakan cabang yang telah menyaksikan sejumlah besar kematian karena penyiksaan.

Nasib sembilan anak yang termasuk di antara nama-nama yang dirilis telah tewas juga telah terungkap, dengan anak laki-laki berusia 12 tahun yang diduga meninggal akibat penyiksaan ekstrem di penjara. Seorang wanita, Lama Nawwaf Al-Basha, 23 tahun, juga tercatat di antara orang yang mati. Ditangkap pada tahun 2014, dia dipindahkan ke berbagai penjara, sebelum menerima hukuman mati pada tahun 2015.

SNHR mencatat bahwa 41 kasus orang hilang melibatkan hubungan darah, dengan saudara laki-laki atau ayah dan putranya sering ditangkap bersama, dan dalam beberapa kasus, dieksekusi pada hari yang sama. Banyak aktivis profil tinggi selama masa-masa awal revolusi Suriah juga termasuk mereka yang terdaftar telah mati, termasuk sepuluh mahasiswa, dua insinyur, dua atlet dan tiga tokoh agama.

Tim SNHR juga mempublikasikan perkiraan mereka tentang jumlah kematian yang diyakini telah terjadi di pusat penahanan rezim Suriah, yang berjumlah sekitar 14.000 orang antara Maret 2011 hingga Agustus 2018. Namun laporan tersebut mencatat bahwa rezim Suriah berhenti mengirim jenazah mereka yang meninggal dalam tahanan ke keluarga mereka, tidak menawarkan bukti kategoris selain sertifikat kematian yang dikeluarkan pemerintah yang mengabaikan untuk mencatat penyebab kematian. Akibatnya, kasus mereka tetap terbuka karena secara paksa menghilang sampai terbukti sebaliknya.

“Rejim Suriah menolak hak para tahanan itu untuk mendapatkan pengacara dan melarang keluarga mereka mengunjungi mereka. Delapan puluh lima persen dari semua tahanan telah menjadi kasus penghilangan paksa karena rezim Suriah tidak pernah memberi tahu keluarga mereka tentang keberadaan mereka, ”laporan itu menyimpulkan.

"SNHR percaya bahwa rezim Suriah telah menunjukkan kurangnya komitmen terhadap perjanjian internasional dan perjanjian yang diratifikasinya, khususnya Kovensi Internasional tentang Hak Politik dan Sipil."

SNHR telah meminta Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengadakan pertemuan darurat untuk membahas pengungkapan dan melindungi para tahanan dari penyiksaan saat dalam tahanan. Mereka juga telah meminta Kantor Komisaris PBB untuk Hak Asasi Manusia untuk mengeluarkan pernyataan tentang masalah ini dan menugaskan laporan yang ekstensif agar pihak-pihak yang bersalah bertanggung jawab dan melindungi warga sipil Suriah dari pelanggaran hak asasi manusia. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version