View Full Version
Senin, 03 Sep 2018

Laporan: Trump Izinkan Negara Teluk Persia Danai UNRWA Tapi dengan Syarat dari AS

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Setelah memotong uang ke badan pengungsi PBB yang membantu orang-orang Palestina, Amerika Serikat sekarang mengatakan negara-negara Teluk Persia Arab dapat mengisi kesenjangan asalkan mereka memenuhi persyaratan baru yang ditetapkan oleh pemerintahan Trump.

Menurut Channel Dua Israel, para pejabat Amerika telah memberi tahu Israel bahwa setiap pendanaan lebih lanjut untuk Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB (UNRWA) akan menggunakan pedoman yang ditetapkan AS.

AS mengumumkan pada hari Jum'at bahwa mereka tidak akan lagi mendukung UNRWA, mengatakan badan tersebut perlu melakukan reformasi yang tidak ditentukan karena menyerukan Palestina untuk memperbarui pembicaraan "damai" dengan Israel.

Channel Dua mengatakan bahwa para pejabat AS diduga telah mengizinkan negara-negara Teluk Persia untuk mendanai proyek UNWRA dalam jangka pendek, tetapi rencana utamanya adalah untuk menutup badan tersebut sekali dan untuk selamanya.

"Persetujuan AS untuk pendanaan akan mencakup setiap sponsor masa depan untuk UNWRA berkomitmen untuk mendefinisikan kembali status lembaga, serta definisi pengungsi Palestina, dengan tujuan akhir untuk akhirnya menutup badan tersebut," katanya.

Belum jelas negara-negara Teluk Persia mana yang telah menerima lampu hijau untuk membayar sebagian untuk defisit anggaran UNRWA sebesar $ 217 juta, yang telah memperdalam krisis uang tunai di lembaga itu di belakang keputusan Presiden Donald Trump.

UNRWA mendukung lebih dari lima juta orang Palestina di Gaza, Tepi Barat, Yordania, Suriah dan Libanon, menyediakan layanan kesehatan, pendidikan dan sosial.

Sebagian besar adalah keturunan dari sekitar 700.000 orang Palestina yang diusir dari rumah mereka atau melarikan diri dari perang 1948 yang mengarah pada penciptaan Israel.

Para pengungsi Palestina bereaksi dengan kemarahan terhadap keputusan AS, memperingatkan bahwa hal itu akan menyebabkan lebih banyak ketidakstabilan di Timur Tengah.

Pengamat independen mengatakan keputusan AS sejalan dengan menerapkan agenda Israel untuk secara sepihak mengambil hak Palestina kembali dari meja.

Bagi orang-orang Palestina, hak untuk kembali merupakan inti dari perjuangan mereka dan mereka melihat keputusan AS sebagai suatu pergeseran kebijakan baru yang bertujuan untuk merongrongnya.

Trump telah membuat marah warga Palestina dengan pengakuannya pada bulan Desember dari kota Yerusalem al-Quds yang disengketakan sebagai "ibu kota" Israel dan memangkas lebih dari $ 200 juta dalam bantuan bilateral untuk Gaza dan Tepi Barat.

Didirikan pada tahun 1948, UNWRA didirikan untuk menangani pemindahan massal orang-orang Palestina ke Yordania, Libanon dan Mesir setelah pembentukan rezim Israel.

Sejak itu, keturunan orang-orang Palestina yang terusir telah mendapat manfaat dari beberapa inisiatif UNRWA, termasuk fasilitas pendidikan.

Menurut juru bicara UNRWA, Chris Gunness, agensi itu menyediakan klinik kesehatan, sekolah bagi 526.000 anak-anak pengungsi dan bantuan makanan bagi 1,7 juta orang - satu juta di antaranya di Gaza.

Washington Post mengutip pejabat yang akrab dengan keputusan itu mengatakan bahwa redefinisi AS terhadap pengungsi Palestina akan mengurangi angka lima juta saat ini menjadi kurang dari sepersepuluh dari angka itu karena akan mengecualikan keturunan.

Israel menyambut baik keputusan itu, dengan Menteri Transportasi Yisrael Katz mengatakan "keputusan Amerika adalah dukungan penuh untuk posisi Israel, yang sepenuhnya menolak hak untuk kembali bagi orang Palestina." (st/ptv)


latestnews

View Full Version