View Full Version
Selasa, 11 Sep 2018

Militer Israel Serukan Alternatif bagi UNRWA untuk Menghindari Meningkatnya Kekerasan di Gaza

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Para pejabat militer Israel telah merekomendasikan pembentukan sebuah alternatif untuk Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB (UNRWA) di Jalur Gaza untuk menghindari eskalasi dalam kerusuhan, kantor berita Safa melaporkan Ahad (9/9/2018).

Situs berita melaporkan surat kabar Israel Haaretz mengatakan rekomendasi tentara Israel harus dipertimbangkan karena eskalasi tidak dapat dihindari jika operasi UNRWA di Gaza dihentikan.

Haaretz juga mengatakan bahwa konferensi untuk membahas konsekuensi menghentikan pendanaan UNRWA akan diadakan di New York pada akhir September.

Safa mengatakan bahwa Israel telah meminta AS untuk menghentikan pendanaan kegiatan UNRWA di Tepi Barat yang diduduki, tetapi di Gaza Israel takut langkah seperti itu akan meninggalkan kekosongan yang akan merusak keamanan regional.

Dua pakan lalu AS mengumumkan akan menghentikan semua pendanaan untuk UNRWA, badan PBB yang bertanggung jawab untuk pendidikan, perawatan kesehatan dan tempat tinggal bagi sekitar 5,4 juta pengungsi Palestina yang terdaftar. Berita itu dibocorkan oleh majalah Foreign Policy, yang mengungkapkan bahwa "keputusan itu dibuat pada pertemuan sebelumnya [pada bulan Agustus] antara penasehat Presiden Donald Trump sekaligus menantu laki-lakinya, Jared Kushner, dan Sekretaris Negara Mike Pompeo." Sebelumnya AS telah menyediakan sekitar $ 350 juta per tahun untuk UNRWA, terhitung lebih dari seperempat dari anggaran tahunan badan tersebut sebesar $ 1.2 miliar. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version