View Full Version
Rabu, 12 Sep 2018

Pengadilan Washington Denda Iran Atas Pemboman di Kota Khobar Arab Saudi Tahun 1996

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Pengadilan Washington mengatakan Iran telah memiliki peran dalam pemboman kompleks perumahan di kota timur Arab Saudi, Khobar, yang menewaskan personil militer AS, memerintahkan Teheran untuk membayar lebih dari $ 104 juta sebagai ganti kerusakan.

Menerbitkan putusan pada hari Senin (10/9/2018), seorang hakim federal di Washington, D.C. memerintahkan bahwa jumlah tersebut harus dibayarkan ke korban serangan yang menewaskan 19 personel militer AS, kata Reuters.

Hakim Kepala Beryl Howell juga mengatakan 15 anggota layanan, yang berada di kompleks pada saat serangan itu, dapat dipulihkan "dari gangguan dan penderitaan yang disengaja akibat dari tekanan emosional," tambah kantor berita tersebut.

Dia kemudian menemukan 24 orang yang selamat berhak mengklaim ganti rugi karena “tekanan emosional akibat melihat bagaimana pengeboman mempengaruhi orang yang mereka cintai.”

Pada bulan Desember 2006, hakim federal lain di Washington memerintahkan Iran untuk membayar $ 254,4 juta kepada mereka yang selamat dalam pemboman itu.

Pada 26 Agustus 2015, surat kabar milik Saudi Asharq al-Awsat melaporkan bahwa Ahmad Ibrahim al-Mughassil, tersangka utama dalam pemboman, telah ditangkap di Libanon dan dikirim ke Arab Saudi untuk diinterogasi.

Kembali pada tahun 2001, pria Syi'ah kelahiran Qatif Arab Saudi yang merupakan pimpinan sayap militer organisasi teroris Hizbullah (Hizbullata) Hijaz pro-Iran tersebut telah didakwa oleh pengadilan AS atas serangan Khobar.

Republik Syi'ah Iran belum mengomentari masalah ini.

Iran ditunjuk oleh Departemen Luar Negeri AS sebagai "sponsor negara terorisme" pada Januari 1984. (st/ptv)

Share this post..

latestnews

View Full Version