View Full Version
Kamis, 20 Sep 2018

Jenderal Rusia Desak Moskow Tembak Jatuh Pesawat Tempur Israel

TEHERAN, IRAN (voa-islam.com) - Mantan kepala departemen utama kerja sama militer internasional kementerian pertahanan Rusia Jenderal Leonid Ivashov meminta Moskow untuk menargetkan setiap jet tempur Israel yang melanggar wilayah udara Suriah.

"Moskow harus mengusir duta besar Israel untuk Rusia dan menembak jatuh jet tempur Israel dalam kasus memasuki wilayah udara Suriah," Ivashov, presiden Akademi masalah Geopolitik Rusia, mengatakan pada hari Rabu (19/9/2018).

Dia juga meminta Moskow untuk mengurangi tingkat kerja sama dengan Israel dan menghentikan pemberian visa bagi warga negara Israel.

Militer Rusia mengatakan pesawat intelijen elektronik Il-20 dihantam rudal 35 km di lepas pantai Mediterania Suriah ketika kembali ke pangkalannya di dekatnya. Ke-15 anggota awak Rusia tewas.

Pejabat pertahanan Rusia menggambarkan manuver oleh jet tempur Israel selama insiden itu sebagai "bermusuhan" dan mengklaim mereka memiliki hak untuk membalas.

"Para pilot Israel menggunakan pesawat Rusia sebagai perisai dan mendorongnya ke dalam barisan pertahanan Suriah," kata Igor Konashenkov, juru bicara kementerian pertahanan Rusia, kepada media pemerintah.

Peringatan dari Israel diterima "kurang dari satu menit sebelum serangan, yang tidak memberikan kesempatan untuk membawa pesawat Rusia ke tempat yang aman," tambah Konashenkov. (st/fna)


latestnews

View Full Version