View Full Version
Kamis, 20 Sep 2018

Pengadilan Irak Vonis Mati Wakil Abu Bakar Al-Bagdadi

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Pengadilan Irak pada hari Rabu (19/9/2018) memvonis mati seorang pejuang Islamic State terkemuka - digambarkan sebagai wakil Abu Bakr al-Baghdadi, pemimpin tertinggi IS - karena tuduhan terorisme.

"Pengadilan kriminal Karkh di Baghdad dijatuhi hukuman mati dengan menggantung salah satu pemimpin paling terkemuka dari IS, yang menjabat sebagai wakil Baghdadi," kata jurubicara peradilan Abdel Sattar Bayraqdar.

Ismail Alwan Salman al-Itsawi diekstradisi dari Turki awal tahun ini setelah melarikan diri dari Suriah ketika kekhalifahan kelompok itu hancur.

Dia dilacak dan ditahan melalui kerja sama antara lembaga intelijen Turki, Irak dan AS, seorang pejabat senior Irak mengatakan pada bulan Februari.

Berasal dari kota Irak Ramadi, Itsawi dituduh memegang beberapa posisi di Islamic State  termasuk  "menteri" yang bertanggung jawab atas fatwa agama.

Irak mengklaim "kemenangan" atas IS pada Desember, setelah perang tiga tahun melawan mereka yang pernah menguasai hampir sepertiga dari negara itu, serta sejumlah tetangga Suriah.

Baghdadi telah dinyatakan meninggal pada beberapa kesempatan, tetapi seorang pejabat intelijen Irak mengatakan pada bulan Mei bahwa ia tetap hidup di wilayah Suriah oleh perbatasan Irak.

Pemimpin IS itu menyerukan umat Islam untuk melancarkan "jihad" dalam rekaman audio baru yang diakui dirilis bulan lalu. (st/TNA)


latestnews

View Full Version