View Full Version
Jum'at, 21 Sep 2018

Rusia Desak Israel Berikan Penjelasan Lebih Lanjut Mengenai Ditembaknya Pesawat Il-20

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Kementerian Luar Negeri Rusia telah mendesak Israel untuk memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai insiden mematikan sebuah pesawat militer Rusia di provinsi Suriah Latakia, yang ditembak jatuh yang diklaim sebagai akibat dari tindakan tidak profesional pilot Israel.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Maria Zakharova pada hari Kamis (20/9/2018) mengatakan para ahli Rusia telah mengkonfirmasi tindakan pilot Israel mengakibatkan jatuhnya pesawat oleh pertahanan udara Suriah dan kematian 15 prajurit Rusia.

Dia menekankan bahwa pilot Israel berperilaku dengan cara yang tidak profesional setidaknya, mengatakan bahwa Rusia masih perlu mendengar lebih banyak "penjelasan dari Israel".

Komentarnya muncul setelah delegasi Israel yang dipimpin oleh Amikam Norkin, komandan angkatan udara Zionis, melakukan perjalanan ke Moskow pada Kamis dengan informasi tentang kecelakaan itu. Namun, penjelasan delegasi itu ternyata gagal meyakinkan pemerintah Rusia.

Pada hari yang sama, Kedutaan Besar Rusia di Tel Aviv mengecam Israel karena tindakannya yang "tidak bertanggung jawab dan tidak ramah", dan menyematkan tuduhan terhadap Angkatan Udara Israel, yang melakukan serangan udara terhadap posisi tentara Suriah ketika insiden itu terjadi.

"Moskow memandang itu sebagai tindakan tidak bertanggung jawab dan tidak ramah dari Angkatan Udara Israel, yang membuat pesawat Il-20 Rusia menjadi bahaya dan menyebabkan kematian 15 prajurit," kata kedutaan Rusia dalam sebuah tweet.

"Rusia akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk menghilangkan ancaman terhadap kehidupan dan keamanan pertempuran militer kita melawan terorisme," tambahnya. (st/ptv)


latestnews

View Full Version