View Full Version
Senin, 24 Sep 2018

'Nurani Tahanan' Rilis Angka Terbaru Ulama, Intelektual dan Aktivis yang Ditangkap Otoritas Saudi

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Akun Twitter Nurani Tahanan, yang melaporkan para tahanan di Arab Saudi merilis angka terbaru dari para ulama, intelektual dan aktivis yang ditahan oleh pihak berwenang Saudi.

Menurut laporan itu, sebanyak 60 dai dan ulama, 50 profesor universitas dan lebih dari sepuluh pengacara telah ditangkap oleh pihak berwenang Saudi.

Sebanyak 20 aktivis hak asasi manusia masih ditahan karena membela hak asasi manusia.

Akun tersebut mencatat bahwa 25 wartawan dan 40 penulis sedang ditahan, sementara jumlah pemegang PhD yang ditahan telah mencapai 60 orang.

Pihak berwenang Saudi belum mengeluarkan tuduhan resmi terhadap sebagian besar tahanan, tetapi surat kabar dan outlet media yang dekat dengan rezim Saudi telah menuduh para tahanan bekerja atas nama pihak asing dan berusaha untuk menghancurkan negara itu.

Sejak menjabat Juni 2017, Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman telah meluncurkan kampanye penangkapan berskala besar terhadap beberapa aktivis hak asasi manusia, jurnalis dan ulama moderat.

Kelompok hak asasi manusia internasional termasuk Human Rights Watch dan Amnesty International telah meminta pihak berwenang Saudi untuk segera mengungkapkan keberadaan para tahanan, memungkinkan mereka untuk menghubungi keluarga dan pengacara mereka, dan segera membebaskan mereka. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version