View Full Version
Jum'at, 05 Oct 2018

2 Tentara AS Tewas Dalam Serangan Bom Mobil Islamic State di Kota Granij Deir Al-Zor

DEIR AL-ZOR, SURIAH (voa-islam.com) - Dua tentara AS tewas bersama dengan tiga pasukan pimpinan Kurdi dalam serangan bom mobil di kota Granij di provinsi Deir Ezzor timur, kata aktivis, Rabu 93/10/2018).

Bom mobil Islamic State (IS) mengguncang konvoi militer gabungan untuk Angkatan Darat AS dan Tentara Demokrat Suriah (SDF), menurut aktivis Taj al-Allow.
 
Sebagai pembalasan, Koalisi Internasional meluncurkan serangan udara berat pada kantong-kantong Islamic State.
 
Sejak Selasa, bentrokan telah meningkat antara SDF dan IS di provinsi Deir Al-Zor timur ketika para pejuang pimpinan YPG melakukan tekanan untuk mencabut pejuang IS dari kantong terakhir mereka di dekat perbatasan Irak.

Pertempuran terjadi di desa al-Safafneh dekat daerah strategis Bagouz, benteng utama IS di tepi timur Sungai Eufrat.

SDF menguasai desa al-Shajlah pekan lalu dan setengah dari desa Bagouz.

Berkat bantuan koalisi pimpinan AS, pasukan pimpinan Kurdi menjadi yang paling efektif dalam perang melawan Islamic State di Suriah, memaksa mereka keluar dari sebagian besar wilayah timur negara itu.

Setidaknya 16 petempur SDF terbunuh dalam serangan Daesh di pos pemeriksaan mereka di timur provinsi Deir Al-Zor dalam dua minggu.

Meskipun kehilangan sebagian besar wilayah yang dimilikinya antara Irak dan Suriah sejak puncaknya pada tahun 2014, Islamic State tetap menjadi kekuatan yang mengganggu di kedua negara. Pemimpinnya, Syaikh Abu Bakar al-Baghdadi, mendesak para pengikutnya untuk "bertahan" dalam rekaman video yang dikaitkan dengannya bulan lalu. (st/zw)


latestnews

View Full Version