View Full Version
Kamis, 11 Oct 2018

8 Tentara Chad Tewas dalam Serangan Pejuang Boko Haram di Danau Chad

DANAU CHAD, CHAD (voa-islam.com) - Kelompok pejuang Boko Haram telah menewaskan delapan tentara Chad di wilayah Danau Chad dalam serangan yang dipukul mundur oleh pasukan tentara yang menewaskan 48 dari mereka.

"Teroris Boko Haram menyerang posisi pasukan pertahanan di Kaiga Kindji pagi ini," kata juru bicara militer, Rabu (10/10/2018).

Dia menambahkan bahwa serangan itu juga melukai 11 tentara lainnya, tetapi "dengan penuh semangat" digagalkan.

Chad adalah anggota gugus tugas multinasional yang memerangi Boko Haram melintasi perbatasannya dengan Nigeria, Niger, dan Kamerun. Pasukan telah dibuat dengan tujuan mencegah tumpahan dari militansi ke negara-negara tersebut dari Nigeria.

Boko Haram telah terdesak keluar dari benteng utamanya di Nigeria utara, menurut militer dan pemerintah negara itu. Kelompok ini, bagaimanapun, masih aktif di daerah kantong Hutan Sambisa di Borno dan meluncurkan serangan sporadis terhadap pasukan keamanan dari sana.

Lebih dari 20.000 orang telah tewas dan ratusan ribu orang terlantar dalam lebih dari delapan tahun perjuangan oleh Boko Haram di Nigeria, Chad, Kamerun dan Niger. Kelompok ini berjanji setia kepada kelompok Islamic State (IS) pada tahun 2015.

PBB telah memperingatkan bahwa daerah yang terkena dampak Boko Haram menghadapi krisis kemanusiaan.

Awal bulan ini, seorang tentara Chad tewas dalam serangan mortir yang diluncurkan oleh Boko Haram di sebuah kamp militer di Litri, dekat perbatasan dengan Nigeria.

Pada akhir September, enam orang, termasuk dua tentara, tewas dalam serangan Boko Haram lainnya di pantai Chad, di mana 17 dari penyerang ditembak mati oleh tentara. (st/ptv)


latestnews

View Full Version