View Full Version
Kamis, 18 Oct 2018

Letnan Saudi Diduga Terlibat Kasus Hilangnya Jamal Khashoggi Tewas dalam Kecelakaan Mobil

ISTANBUL, TURKI (voa-islam.com) - Sebuah surat kabar Turki melaporkan pada Kamis (18/10/2018) bahwa salah satu tersangka yang terlibat dalam hilangnya penulis Saudi Jamal Khashoggi tewas dalam "kecelakaan mobil yang mencurigakan" di Riyadh.

Mashal Saad al-Bostani, letnan berusia 31 tahun dari Angkatan Udara Kerajaan Saudi, termasuk di antara 15 tersangka yang tiba dan meninggalkan Turki pada 2 Oktober setelah pergi ke konsulat Istanbul di Arab Saudi ketika Khashoggi berkunjung ke sana, menurut harian Yeni Şafak .

Surat kabar itu mengatakan, sumber-sumber tidak merilis rincian tentang kecelakaan lalu lintas di Riyadh dan peran Bostani dalam "pembunuhan" belum jelas.

Kolumnis harian Hürriyet Abdulkadir Selvi mengklaim pada hari Kamis ini bahwa konsul jenderal Arab Saudi di Istanbul, Mohammad al-Otaibic bisa menjadi "eksekusi berikutnya" ketika Putra Mahkota Mohammad bin Salman "akan melakukan apa pun untuk menyingkirkan bukti."

Harian Turki Yeni Şafak melaporkan pada Rabu bahwa suara Al-Otaibi dapat didengar di salah satu rekaman, yang diyakini oleh otoritas Turki, dari "interogasi" Khashoggi di konsulat.

Menurut laporan itu, setelah Al-Otaibi mengatakan kepada para interogator untuk "melakukannya di tempat lain di luar atau saya akan mendapat masalah," ia diberitahu untuk "tutup mulut jika Anda ingin hidup ketika Anda kembali ke Arab Saudi."

Al-Otaibi kembali ke Arab Saudi pada 16 Oktober sebelum kediamannya di Istanbul digeledah oleh polisi selama lebih dari delapan jam pada 17 Oktober dan 18 Oktober.

Sementara itu, surat kabar Sabah merilis gambar diam dari kamera keamanan dari tersangka lain pada 18 Oktober.

Menurut laporan itu, Maher Abdulaziz M. Mutreb, 47 tahun, seorang perwira intelijen yang sebelumnya bertugas di kedutaan Arab Saudi di London, mendarat di Istanbul pada 3:38 pagi pada 2 Oktober dan pergi ke konsulat negaranya di istanbul  pada pukul 9: 55 pagi

Beberapa jam setelah kedatangan dan hilangnya Khashoggi, Mutreb meninggalkan konsulat dan mengunjungi kediaman konsul pada jam 16:53 sore meninggalkan hotelnya pada jam 17:15. dan tiba di Bandara Atatürk untuk perjalanan kembali dengan jet pribadi pada jam 17:58 sore.

The New York Times telah melaporkan pada 16 Oktober bahwa Mutreb telah sering bepergian kemana-mana dengan putra mahkota Mohammed Bin Salman, mungkin sebagai pengawal. (st/tds)


latestnews

View Full Version