View Full Version
Sabtu, 20 Oct 2018

Serangan Udara Koalisi Pimpinan AS Tewaskan 30 Lebih Warga Sipil di Deir Al-ZOr

DEIR AL-ZOR, SURIAH (voa-islam.com) - Lebih dari 30 warga sipil tewas dan puluhan lainnya terluka dalam serangan udara koalisi pimpinan AS di sebuah masjid di daerah pemukiman di Tenggara Deir Al-Zor, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) yang berpusat di London melaporkan pada hari Sabtu (20/10/2018).

SOHR melaporkan bahwa sejumlah 32 warga sipil tewas dalam serangan udara di utara Deir Al-Zor dalam 24 jam terakhir.

Kelompok itu menjelaskan bahwa pesawat-pesawat tempur mengebom kota kecil al-Souseh di Tenggara Deir AL-Zor pada Kamis tengah malam dan menewaskan 18 warga sipil, termasuk 7 anak-anak.

SOHR, sementara itu, mengatakan bahwa sejumlah 14 warga sipil juga tewas dan puluhan lainnya terluka dalam serangan udara di sebuahh masjid di wilayah itu yang tengah melaksanakan shalat Jum'at, menambahkan bahwa mayat beberapa warga sipil masih berada di bawah puing-puing bangunan yang hancur di kota itu.

Sementara itu situs Sputnik berbahasa Arab mengutip sumber militer mengatakan pada hari Kamis bahwa 2 jet tempur F-15 yang dipimpin AS secara tidak sengaja menargetkan posisi pasukan Tentara Demokratik Suriah (SDF) yang didukung Washington di Eastern Deir Ezzur.

Dia menambahkan bahwa target pesawat tempur AS 'adalah benteng Islamic State (IS) di daerah dekat kota Hajin tetapi mereka mereka justru menyerang SDF, menewaskan 6 pasukan Kurdi dan melukai 15 lainnya.

Sumber itu mengatakan bahwa insiden itu terjadi karena kurangnya koordinasi yang baik dan kinerja yang tidak profesional dari pasukan AS, menambahkan bahwa itu menunjukkan kegagalan kebijakan AS di Suriah dan penciptaan lebih banyak masalah di wilayah tersebut. (st/FN)


latestnews

View Full Version