View Full Version
Sabtu, 20 Oct 2018

SOHR: Islamic State Bebaskan 6 dari 27 Sandera Druze yang Mereka Tawan di Sweida Suriah

SWEIDA, SURIAH (voa-islam.com) - Islamic State (IS) telah membebaskan enam dari 27 sandera Druze yang mereka tawan dalam serangan Juli yang mematikan di provinsi Sweida di Suriah sebagai ganti pertukaran dan tebusan tahanan, sebuah kelompok pemantau mengatakan Sabtu (20/10/2018).

"Dua wanita dan empat anak dari provinsi Sweida dibebaskan semalam," kata Rami Abdel Rahman, direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), sebuah kelompok pemantau, kepada AFP.

Dia menambahkan bahwa pembebasan itu adalah "gelombang pertama" dan bagian dari perjanjian yang disepakati dengan rezim Suriah untuk menukar semua sandera tersebut untuk "60 tahanan Islamic State yang ditahan oleh rezim dan uang tebusan sebesar $ 27 juta."

Kelompok IS menculik sekitar 30 orang - sebagian besar wanita dan anak-anak - dari Sweida pada akhir Juli dalam serangan mematikan terhadap komunitas Druze Suriah selama perang sipil tujuh tahun.

Selama serangan terkoordinasi pada 25 Juli, IS melancarkan serangkaian pemboman jibaku, penembakan, dan penikaman yang menewaskan lebih dari 250 orang di provinsi barat daya tersebut.

Provinsi Sweida adalah jantung dari minoritas Druze di negara itu, yang mencakup sekitar tiga persen dari populasi pra-perang Suriah - atau sekitar 700.000 orang.

Islamic State mengeksekusi seorang mahasiswa laki-laki berusia 19 tahun di antara para tawanan pada bulan Agustus dan kemudian seorang wanita berusia 25 tahun yang ditawan pada awal Oktober. Kelompok itu mengatakan seorang tawanan wanita berusia 65 tahun juga meninggal karena sakit.

Keluarga orang-orang yang diculik mengadakan protes untuk menuntut tindakan rezim agar membebaskan mereka.

Negosiasi antara sekutu pemerintah Suriah, Rusia dan kelompok IS untuk pembebasan tawanan telah terhenti.

Pasukan rejim telah memerangi Islamic State di dataran vulkanik Tulul al-Safa di timur provinsi itu sejak serangan Juli. (st/zw)


latestnews

View Full Version