View Full Version
Rabu, 24 Oct 2018

Menteri Energi Saudi Sebut Negaranya Dalam Keadaan Krisis Menyusul Pembunuhan Khashoggi

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi sedang menghadapi "krisis" di tengah kemarahan internasional atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, Menteri Energi Khalid al-Falih mengatakan pada hari Selasa (24/10/2018) pada KTT investasi yang diboikot oleh sejumlah CEO global dan pembuat kebijakan.

"Seperti yang kita tahu ini adalah hari-hari yang sulit. Kita sedang mengalami krisis," kata Falih dalam pidatonya di Inisiatif Investasi Masa Depan tiga hari (FII) yang dimaksudkan untuk memproyeksikan negara kaya minyak itu sebagai tujuan bisnis yang menggiurkan dan mengatur panggung untuk usaha baru dan kontrak multi-miliar dolar.

Falih mengatakan pembunuhan Khashoggi sangat disesalkan, menambahkan bahwa "tak seorang pun di kerajaan itu yang bisa membenarkannya".

KTT tersebut, yang dijuluki "Davos di padang pasir", telah dibayangi oleh protes atas pembunuhan Khashoggi di dalam konsulat kerajaan di Istanbul pada 2 Oktober, dengan serangkaian investor internasional terkemuka menarik diri menyusul kasus itu.

Putra Mahkota Mohammad bin Salman (MBS), putra raja yang kuat yang kredibilitas reformasinya telah rusak berat akibat skandal itu meskipun ada bantahan berulang-ulang bahwa ia terlibat dalam pembunuhan itu, tidak muncul pada sesi pembukaan.

Komentar itu muncul ketika Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuntut untuk mengetahui siapa yang memberi perintah untuk pembunuhan Khashoggi di negaranya dan lokasi mayat sang wartawan yang dibunuh tersebut.

Keamanan ketat

Konferensi Riyadh dibuka di tengah keamanan ketat di hotel Ritz-Carlton di Riyadh, dengan ketua Dana Investasi Langsung Rusia, Kirill Dmitriyev, dan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan menjadi bintang.

Falih memberi pujian besar pada CEO raksasa energi Prancis Total, Patrick Pouyanne, karena berdiri di sisi Arab Saudi pada periode yang sulit ini.

"Kami melihat apa artinya kemitraan ketika Anda mengalami masa-masa sulit," Pouyanne menanggapi saat ia berbagi panggung dengan Falih.

"Ini adalah ketika Anda benar-benar memperkuat kemitraan."

Tetapi daftar panjang investor dan pembuat kebijakan internasional yang telah menolak untuk muncul di Riyadh merupakan protes yang jelas terhadap pembunuhan Khashoggi.

Chief executive Siemens Joe Kaeser, pimpinan perusahaan dari JP Morgan, Ford dan Uber, dan perusahaan media seperti Bloomberg, CNN dan Financial Times semuanya membatalkan rencana untuk hadir.

Para menteri dari Inggris dan Prancis dan Amerika Serikat, yang memiliki kesepakatan pertahanan besar yang dipertaruhkan dengan Arab Saudi, telah menjauh.

Sebuah boikot Barat yang lebih luas dari konferensi itu menunjukkan meningkatnya risiko politik di Arab Saudi yang dapat memukul investasi asing langsung, yang telah jatuh ke tahun rendah dalam 14 tahun terakhir, menurut badan PBB.

"Meskipun pembicaraan tentang reformasi, aliran FDI ke Saudi tetap rendah dan skandal itu hanya akan meningkatkan ketidakpastian investor," kata perusahaan riset Capital Economics.

Dan dalam kemunduran baru, situs web forum itu down pada hari Senin setelah serangan cyber yang nyata.

Putra mahkota, yang dikenal luas dengan inisialnya, MbS, menghadapi apa yang disebut oleh konsultan risiko Eurasia Group sebagai "krisis hubungan masyarakat yang akut" atas pembunuhan Khashoggi.

Setelah lebih dari dua pekan penolakan keras, Arab Saudi kini mengakui Khashoggi terbunuh di konsulat.

Dalam beberapa pekan terakhir, media dan pejabat Turki yang berbicara dengan media internasional mengatakan rekaman audio membuktikan Khashoggi disiksa sebelum dipenggal kepalanya meski tidak ada bukti nyata tentang keberadaan rekaman tersebut.

Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir mengklaim pada hari Selasa bahwa pembunuhan seorang kritikus harus "tidak pernah terjadi lagi", saat ia menjanjikan penyelidikan "menyeluruh dan lengkap".

Pembunuhan Khashoggi sesuai dengan pola penindasan baru-baru ini terhadap perbedaan pendapat di kerajaan, di mana para ulama, pebisnis papan atas dan aktivis perempuan telah ditahan. (st/TNA)


latestnews

View Full Version