View Full Version
Sabtu, 10 Nov 2018

Pasukan Yaman Didukung Koalisi Arab Luncurkan Serangan Habis-habisan di Hodeidah

ADEN, YAMAN (voa-islam.com) - Pasukan Yaman yang didukung oleh koalisi Arab hari Jum'at (9/11/2018) meluncurkan "serangan besar-besaran" untuk merebut kendali penuh atas kota pelabuhan Hodeidah dari pemberontak Syi'ah Houtsi, pemerintah yang diakui secara internasional yang berbasis di kota selatan Aden mengatakan.

"Sebuah operasi militer telah dimulai dan pasukan tentara nasional telah maju ke arah utara dan sisi barat kota Hodeidah, maju di semua front dengan dukungan koalisi Arab," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

"Pertarungan sengit sedang terjadi pada saat-saat ini."

Sebanyak 110 pemberontak Syi'ah Houtsi telah tewas dalam 24 jam bentrokan bersama dengan 22 tentara pro-pemerintah, kata sumber-sumber medis, Jum'at.

Kematian terbaru meningkat menjadi 382 jumlah pejuang yang tewas di kedua sisi di dalam kota dan di sekitar provinsi sejak pertempuran untuk Hodeidah diintensifkan pada 1 November.

Beberapa jam setelah pengumuman hari Jum'at, warga mengatakan kemajuan pasukan koalisi tampak terbatas.

Mereka mengatakan Houtsi telah mundur dari sebuah rumah sakit di pinggiran timur Hodeidah di mana pertempuran telah terkonsentrasi dalam beberapa hari terakhir tetapi mereka tetap di daerah tersebut.

Pemberontak Syi'ah Houtsi menyerbu rumah sakit 22 Mei awal pekan ini, menempatkan orang-orang bersenjata di atapnya, menurut kelompok-kelompok hak asasi manusia yang menyuarakan kekhawatiran akan nasib para staf dan pasien. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version