View Full Version
Ahad, 11 Nov 2018

Wartawan Turki Sebut Khashoggi Mengaku Dicekik Oleh Para Pembunuhnya dalam Rekaman Audio

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Seorang wartawan senior Turki telah membeberkan bit-bit dari rekaman audio rahasia yang diduga direkam dari pembunuhan brutal jurnalis pembangkang Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul, mengatakan pria yang dibunuh itu memohon untuk keselamatannya sebelum dia meninggal di tangan para pembunuh.

Nazif Karaman, kepala departemen investigasi di Daily Sabah, sebuah surat kabar Turki, mengatakan hari Sabtu (10/11/2018) bahwa orang-orang yang membunuh Khashoggi meletakkan sebuah kantong di kepalanya untuk mencekik dan membuatnya mati lemas.

"Saya tersedak, letakkan kantong ini jauh dari kepala saya, saya takut claustrophobia," kata Khashoggi sebelum dia meninggal, menurut Karaman yang berbagi informasi dengan saluran berita berbasis di Qatar Al Jazeera.

Karaman mendasarkan ceritanya tentang pembunuhan brutal itu pada rekaman audio yang dikatakan pihak berwenang Turki dapat membuktikan pembunuhan Khashogi di Konsulat pada 2 Oktober telah dimediasi sebelumnya. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Sabtu bahwa Ankara telah berbagi audio dengan para pejabat Saudi serta dinas intelijen dari empat negara Barat.

Dalam wawancaranya dengan Al Jazeera, Karaman, yang diyakini dekat dengan pemerintah Turki, mengatakan pencekikan Khashoggi berlangsung selama tujuh menit.

Dia juga mengutip informasi dari pejabat intelijen Turki, mengatakan bahwa 15 anggota skuad Arab Saudi yang telah melakukan perjalanan ke Istanbul untuk membunuh Khashoggi di konsulat kerajaan menghabiskan 15 menit untuk mencabik-cabik tubuh Khashoggi setelah dia dibunuh.

Sang pembunuh itu, meregangkan kantong plastik di ruangan tempat Khashoggi dibunuh untuk mencegah darahnya menyebar di lantai. Salah al-Tabiki, anggota tim yang telah diperkenalkan dalam laporan media sebagai ahli forensik, kemudian memotong tubuh Khashoggi menjadi lima bagian untuk memungkinkan orang lain memasukkannya ke dalam lima tas besar. Tas-tas itu kemudian dipindahkan ke mobil milik Konsulat untuk mengangkut mereka ke luar misi diplomatik.

Karaman tidak menjelaskan bagaimana tim pembunuhan Saudi berhasil membuang mayat Khashoggi, sebuah pertanyaan yang masih belum terpecahkan dalam penyelidikan Turki. Dia mengatakan, bagaimanapun, bahwa tim Saudi telah melakukan perjalanan ke Turki dengan beberapa "alat dan peralatan" khusus, menambahkan bahwa gambar-gambar dan rincian perangkat tersebut akan diterbitkan oleh Daily Sabah dalam beberapa hari mendatang.

Wartawan itu mengatakan surat kabar Turki juga berencana untuk merilis rincian rekaman audio dari pembunuhan Khashoggi untuk menjelaskan lebih lanjut tentang bagaimana wartawan itu tewas di Konsulat Saudi. (st/ptv)


latestnews

View Full Version