View Full Version
Ahad, 18 Nov 2018

Pasukan Rezim Assad Rebut Kembali Benteng Terakhir Islamic State di Suriah Selatan

SWEIDA, SURIAH (voa-islam.com) - Pasukan rejim Assad, hari Sabtu (17/11/2018), merebut kembali kendali atas benteng terakhir kelompok Islamic State di Suriah selatan setelah berbulan-bulan berperang, kata sebuah kelompok monitor perang.

Pasukan rejim merebut kembali Tulul al-Safa, antara provinsi Damaskus dan Sweida, "setelah para pejuang ISI mundur dari sana dan menuju ke timur ke gurun Badia," kata Observatorium Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR) yang berbasis di Inggris.

Pasukan rezim telah memerangi kelompok IS di daerah itu sejak serangan Juli mematikan terhadap minoritas Druze di provinsi Sweida.

Dalam beberapa pekan terakhir, serangan udara di kantong Tulul al-Safa telah meningkat dan ratusan pejuang rezim dikirim sebagai bala bantuan, kata Observatorium.

Penarikan anggota Islamic State kemungkinan "di bawah kesepakatan dengan pasukan rezim" setelah berminggu-minggu pengepungan dan serangan udara, kepala Observatory Rami Abdel Rahman mengatakan.

Kantor berita negara SANA melaporkan pasukan rezim telah membuat "kemajuan besar di Tulul al-Safa" dan mengatakan mereka menyisir daerah itu untuk jihadis yang tersisa.

Dalam serangan 25 Juli, IS membunuh lebih dari 250 orang, sebagian besar dari mereka warga sipil, dalam gelombang pemboman jibaku, penembakan, dan penusukan di provinsi Sweida.

Para anggota IS juga menculik sekitar 30 orang - kebanyakan wanita dan anak-anak - selama serangan mematikan terhadap komunitas Druze Suriah dalam perang sipil tujuh tahun.

Dua puluh tiga sandera telah kembali ke rumah, sementara sisanya tampaknya telah mati atau dieksekusi oleh mereka.

Provinsi ini adalah jantung dari minoritas Druze di negara itu, yang terdiri sekitar tiga persen dari populasi pra-perang Suriah - atau sekitar 700.000 orang. (st/TNA)


latestnews

View Full Version