View Full Version
Kamis, 29 Nov 2018

Rusia Undang Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh ke Moskow

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Pemimpin tertinggi kelompok perlawanan Palestina Hamas mengatakan dia telah menerima undangan untuk melakukan kunjungan resmi ke Moskow.

Kantor Ismail Haniyeh mengatakan undangan itu disampaikan pada hari Rabu (28/11/2018) oleh seorang diplomat Rusia yang berkunjung. Pernyataannya tidak menjelaskan tujuan kunjungan itu.

Rusia mempertahankan kontak tingkat tinggi dengan Hamas, yang mana Israel, AS dan Uni Eropa mengklasifikasikan sebagai kelompok teroris.

Haniyeh terpilih sebagai pemimpin tertinggi Hamas tahun lalu. Pendahulunya, Khaled Mashaal, sering mengunjungi Moskow.

Hamas memenangkan pemilihan parlemen 2006 tetapi faksi Fatah pimpinan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan banyak komunitas internasional menolak untuk menerima hasilnya, yang menyebabkan meningkatnya perselisihan.

Setahun kemudian, Hamas menguasai Gaza selama pertempuran sengit. Sejak itu dua pemerintahan sipil Palestina yang terpisah muncul.

Rusia telah menyelenggarakan beberapa putaran pembicaraan yang bertujuan untuk menempa rekonsiliasi antara Hamas dan partai Fatah pimpinan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (st/TNA)


latestnews

View Full Version