View Full Version
Ahad, 02 Dec 2018

Polisi Israel Rekomendasikan Dakwaan Penyuapan terhadap Benyamin Netanyahu dan Istri

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Polisi Israel telah merekomendasikan mendakwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan istrinya Sara untuk penyuapan dan tuduhan korupsi lainnya dalam penyelidikan yang dijuluki Kasus 4000.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Ahad (2/12/2018) polisi mengatakan bahwa Netanyahu diduga menerima suap dan perilaku yang melibatkan "konflik kepentingan" ketika dia membuat keputusan yang menguntungkan Shaul Elovitch, yang mengendalikan perusahaan telekomunikasi terbesar Israel, Bezeq.

Kasus ini melibatkan kecurigaan bahwa Netanyahu campur tangan dengan regulator untuk membantu Bezeq dan sebagai gantinya Elovitch memerintahkan situs Walla News untuk memberikan liputan yang menguntungkan dari perdana menteri Israel dan istrinya.

Polisi mengatakan mereka telah menemukan bukti bahwa "Netanyahu dan orang-orang yang dekat dengannya secara terang-terangan melakukan intervensi, kadang-kadang setiap hari, dalam konten yang dipublikasikan di situs berita Walla, dan berusaha mempengaruhi penunjukan karyawan senior (editor dan wartawan), sementara menggunakan hubungan mereka dengan Shaul dan [istrinya] Iris Elovitch. "

Penyidik ​​mengatakan Netanyahu harus diadili atas tuduhan menerima suap, penipuan dan pelanggaran kepercayaan dan secara curang menerima tunjangan.

Mereka juga merekomendasikan untuk mendakwa Sara Netanyahu dengan suap, penipuan dan pelanggaran kepercayaan, dan untuk "gangguan proses investigasi dan peradilan."

Ini adalah rekomendasi polisi ketiga terhadap Netanyahu dalam beberapa bulan terakhir. Sekarang, jaksa agung Israel harus memutuskan apakah akan membawa dakwaan dalam kasus ini.

Namun, perdana menteri Israel menepis tuduhan terhadap dirinya dan istrinya.

"Rekomendasi ini ditentukan dan bocor bahkan sebelum penyelidikan dimulai," katanya dalam sebuah pernyataan. "Saya yakin bahwa dalam kasus ini pihak yang berwenang, setelah memeriksa masalah ini, akan mencapai kesimpulan yang sama: bahwa tidak ada apa-apa karena tidak ada apa-apa."

Polisi Israel telah merekomendasikan mendakwa Netanyahu untuk penyuapan dan pelanggaran kepercayaan dalam Kasus 1000 dan Case 2000.

Netanyahu diduga telah menerima hadiah mewah dari pengusaha di luar negeri dalam Kasus 1000.

Dia juga dicurigai melakukan negosiasi liputan pers yang menguntungkan dengan penerbit Yedioth Ahronoth, Arnon Mozes, dalam Case 2000.

Warga Israel telah mengadakan protes untuk menuntut pengunduran diri perdana menteri atas skandal korupsi, tetapi Netanyahu telah menggambarkan peristiwa itu sebagai bagian dari upaya yang dimaksudkan untuk menggulingkannya "dengan biaya apapun." (st/ptv)


latestnews

View Full Version