View Full Version
Selasa, 04 Dec 2018

Koalisi Pimpinan Saudi Setuju Lakukan Pertukaran Tahanan dengan Pemberontak Syi'ah Yaman

SANA'A, YAMAN (voa-islam.com) - Pemerintah Yaman dan koalisi pimpinan Saudi telah menandatangani perjanjian pertukaran tahanan yang diperantarai PBB dengan kelompok pemberontak Syi'ah Houtsi, seorang anggota senior pemberontak kaki tangan Iran itu mengatakan Senin (3/12/2018).

"Utusan khusus PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, menyampaikan kepada kami bahwa pasukan koalisi dan pemerintah Yaman [juga memproklamirkan diri] juga telah menandatangani perjanjian pertukaran tahanan yang ditandatangani pada November oleh Syi'ah Houtsi," kata Abdul Qader al-Murtaza, ketua Komite Urusan Tahanan yang dikelola Syi'ah Houtsi..

Murtaza juga mencatat bahwa perjanjian tersebut menandai langkah pertama menuju penyelesaian krisis kemanusiaan di Yaman.

Perundingan damai antara pihak-pihak yang berlawanan Yaman diperkirakan akan dimulai di Swedia pada Rabu pagi.

Griffiths tiba di Sana'a, ibukota Yaman yang dikuasai pemberontak Syi'ah Houtsi, pada hari Senin untuk mengawal delegasi Houtsi ke diskusi yang direncanakan.

Sementara itu, sumber PBB mengatakan kepada Reuters bahwa pemerintah Yaman yang didukung internasional sebelumnya juga menegaskan bahwa mereka akan pergi untuk melakukan pembicaraan damai di Swedia. (st/ptv)


latestnews

View Full Version