View Full Version
Kamis, 06 Dec 2018

Aktor Hollywood Sean Penn Buat Film Dokumenter Pembunuhan Jamal Khashoggi

ISTANBUL, TURKI (voa-islam.com) - Aktor peraih Oscar dan pembuat film Sean Penn dilaporkan mulai membuat film dokumenter baru tentang pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, yang tewas di dalam konsulat Saudi di Istanbul awal tahun ini.

Aktor Hollywood Sean Penn, ditemani oleh sekitar 10 awak termasuk pengawal, terlihat sedang melakukan syuting di depan gedung konsulat di kota Turki pada hari Rabu (5/12/2018), kantor berita Anadolu yang dikelola pemerintah Turki melaporkan.

Pemenang Oscar dua kali itu juga terlihat di luar kediaman dekat konsul jenderal, kata kantor berita itu.

Khashoggi, kolumnis untuk Washington Post dan seorang warga AS sejak tahun 2017, tewas dalam kunjungannya ke konsulat untuk mendapatkan dokumen terkait pernikahan pada 2 Oktober.

Meskipun pencarian di konsulat dan tempat lain, keberadaan jenazahnya masih belum diketahui.

Dalam satu gambar yang dibagikan oleh Anadolu, Penn terlihat di luar konsulat di mana penulis Saudi dicekik sebelum dia dipotong-potong oleh sebuah tim Saudi beranggotakan 15-orang yang dikirim ke Istanbul untuk tugas itu.

Aktor ini juga diperkirakan bertemu dengan tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz, selama kunjungannya, menurut surat kabar Turki, Daily Sabah.

Pembunuhan Khashoggi, seorang kritikus vokal dari pemerintah Saudi dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, mendorong kecaman internasional dan memaksa banyak negara untuk menilai kembali hubungan mereka dengan kerajaan.

Setelah berminggu-minggu penyangkalan berulang-ulang bahwa mereka memiliki keterlibatan dengan kehilangan Khashoggi dan pernyataan mereka yang kerap bertentangan, Riyadh akhirnya mengakui bulan lalu bahwa para pejabat Saudi telah merencanakan dan mengeksekusi pembunuhan itu, menyalahkan pada sebuah tim "nakal".

CIA telah dilaporkan menilai bahwa Pangeran Mohammed, juga dikenal sebagai MBS, memerintahkan pembunuhan Khashoggi.

Sejauh ini, 21 orang, termasuk petugas keamanan, telah ditangkap di Arab Saudi sehubungan dengan pembunuhan itu.

Penn sebelumnya telah menarik kontroversi sebagai akibat dari terjun ke politik dan urusan saat ini, terutama setelah ia dan aktris Meksiko-Amerika Kate del Castillo mewawancarai raja narkoba Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman saat ia dalam pelarian.

Sean Penn, 58, memenangkan Oscar untuk aktor terbaik untuk perannya di Mystic River dan Milk. (st/AJE)


latestnews

View Full Version