View Full Version
Jum'at, 21 Dec 2018

Setelah Suriah, Donald Trump Perintahkan Tarik 7000 Pasukan AS dari Afghanistan

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Presiden AS Donald Trump telah memerintahkan dimulainya penarikan sekitar 7.000 tentara dari Afghanistan, sekitar setengah dari jumlah total pasukan Amerika di lapangan di negara yang dilanda perang tersebut.

Keputusan mendadak itu, yang datang sehari setelah pengumuman presiden tentang penarikan militer dari Suriah, telah mengejutkan bahkan para pejabat Afghanistan yang mengatakan mereka belum mendapat penjelasan tentang rencana tersebut.

Reuters sebelumnya mengutip seorang pejabat AS yang mengatakan bahwa jumlah pasukan yang ditarik keluar dari Afghanistan adalah 5.000. Namun, New York Times kemudian meningkatkan jumlahnya menjadi 7.000, mengutip dua pejabat pertahanan.

Pejabat yang berbicara dengan Reuters pada kondisi anonimitas mengatakan jadwal sedang dibahas tetapi bisa terjadi dalam beberapa pekan atau bulan.

Senator Lindsey Graham, sekutu dekat dan sering menjadi mitra golf Trump, pada Kamis (20/12/2018) memperingatkan penarikan pasukan dari Afghanistan pada akhirnya dapat menyebabkan serangan lain di Amerika yang mirip dengan yang terjadi pada 11 September 2001.

Graham mengatakan kondisi di Afghanistan membuat penarikan strategi berisiko tinggi.

Keputusan Trump tentang Afghanistan dibuat pada saat yang sama ia memutuskan untuk menarik pasukan Amerika keluar dari Suriah, kata seorang pejabat.

Rencana untuk mengurangi pasukan Amerika di negara itu datang hanya beberapa hari setelah Uni Emirat Arab menjadi tuan rumah dua hari pembicaraan antara Amerika Serikat dan Taliban.

Zalmay Khalilzad, utusan khusus pemerintahan Trump untuk Afghanistan, mengatakan bahwa permintaan Taliban tetap merupakan kesepakatan atas penarikan pasukan asing dari Afghanistan. AS, sementara itu, telah meminta jaminan dari kelompok Taliban bahwa pasukannya tidak akan diserang.

Masih belum jelas bagaimana penarikan pasukan yang baru direncanakan dapat mempengaruhi negosiasi pemerintah dengan Taliban.

Pertemuan Abu Dhabi adalah yang terbaru dalam upaya diplomatik yang ditujukan untuk mengakhiri perang 17 tahun di Afghanistan yang dimulai dengan invasi AS pada tahun 2001 untuk menggulingkan pemerintahan sah Taliban.

Sebuah delegasi dari pemerintah Afghanistan juga melakukan perjalanan ke Abu Dhabi "untuk memulai dialog dekat dengan delegasi Taliban dan untuk mempersiapkan pertemuan tatap muka antara kedua pihak," kata juru bicara kepresidenan Afghanistan Haroon Chakhansuri.

Namun kelompok jihadis itu belum mengakui bertemu dengan para pejabat Afghanistan.

Saat mengumumkan strategi baru Afghanistan tahun lalu, Presiden Trump mengkritik pemerintahan Obama karena memberi sinyal kepada Taliban rencana AS untuk melakukan penarikan secara terbuka. Dia juga mengindikasikan akan mempertahankan pasukan di Afghanistan tanpa batas untuk mencegah keruntuhan negara itu di tengah kebangkitan Taliban.

Selain kontingen saat ini sekitar 14.000 pasukan Amerika, ada 16.000 tentara NATO dan sekutu yang dikerahkan di Afghanistan.

Jika tingkat pasukan Amerika turun menjadi sekitar 7.000, mereka akan berada di titik terendah sejak Maret 2002, ketika serangan darat terbesar dari perang pada waktu itu dimulai selama Operasi Anaconda.

Lebih dari 2.400 orang Amerika telah tewas di Afghanistan sejak 2001, dengan 13 tentara tewas tahun ini. Sejak akhir 2014, ketika Pentagon mengumumkan berakhirnya operasi tempur di negara itu, lebih dari 25.000 tentara dan polisi Afghanistan telah tewas.

AS bukan Polisi Timur Tengah

Presiden AS juga membela keputusannya tentang Suriah, dengan alasan bahwa AS tidak ingin menjadi "Polisi Timur Tengah, tidak mendapatkan APA-APA tetapi menghabiskan hidup yang berharga dan triliunan dolar untuk melindungi orang lain."

“Apakah kita ingin berada di sana selamanya? Saatnya bagi yang lain untuk akhirnya bertempur, "tambahnya.

Dia mengatakan dalam tweet lain bahwa seseorang tidak boleh terkejut dengan pengumuman mendadak itu.

"Keluar dari Suriah bukanlah kejutan. Saya sudah berkampanye selama bertahun-tahun, dan enam bulan yang lalu, ketika saya sangat terbuka untuk melakukannya, saya setuju untuk tinggal lebih lama."

Dia kemudian mentweet bahwa memerangi Islamic State di Suriah akan terserah kepada pasukan pemerintah Suriah dibantu oleh Rusia dan Iran.

Penarikan dari Suriah mendorong Menteri Pertahanan AS Jim Mattis akhirnya mengumumkan pengunduran dirinya yang telah lama diantisipasi untuk memungkinkan Presiden Trump memiliki kepala pertahanan yang pandangannya lebih selaras dengan presiden AS, katanya dalam surat pengunduran dirinya Kamis. (st/ptv)


latestnews

View Full Version