View Full Version
Rabu, 02 Jan 2019

Menlu UEA Sebut Blokade Terhadap Qatar Akan Berlanjut di 2019

UNI EMIRAT ARAB (voa-islam.com) - Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab Anwar Gargash mengatakan dalam sebuah tweet pada hari Selasa (1/1/2019) bahwa boikot terhadap Qatar akan berlanjut pada tahun 2019.

"Menurut perkiraan saya, boikot Qatar akan berlanjut pada 2019 karena terkait dengan perubahan wajib dalam arahan destruktif Doha," tulis Gargash.

“Kegagalan Qatar untuk membongkar tindakan yang diambil terhadapnya akan terus berlanjut meskipun biayanya tinggi. Sikap Qatar tersebut didorong oleh mantan Emirnya dan lewat itu membela warisan yang telah menempatkan Doha dalam ikatan, ”lanjut Gargash.

Arab Saudi dan sekutunya termasuk Eni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir telah memboikot Qatar sejak 5 Juni, atas klaim yang tidak berdasar bahwa Doha telah mendukung ekstremis, dalam krisis diplomatik terburuk di kawasan ini selama bertahun-tahun.

Mereka menutup satu-satunya perbatasan darat emirat, memerintahkan warganya untuk pergi dan menutup wilayah udara dan perairan mereka untuk penerbangan dan kapal Qatar, meminta agar Doha tunduk sesuai dengan kebijakan yang dipimpin Saudi di wilayah tersebut, terutama terhadap Iran.

Negara-negara pemblokir juga menuntut agar Qatar memutuskan hubungan jangka panjang mereka dengan Ikhwanul Muslimin, yang masuk dalam daftar hitam sebagai "kelompok teror" oleh empat negara tersebut meskipun tidak oleh masyarakat internasional, menutup raksasa penyiaran Al Jazeera dan sebuah pangkalan militer Turki.

Qatar telah menolak tuntutan tersebut sebagai pelanggaran kedaulatannya dan mendapat dukungan signifikan dari sekutunya Turki.  (st/Aby)


latestnews

View Full Version