View Full Version
Kamis, 03 Jan 2019

Burkina Faso Nyatakan Keadaan Darurat Setelah Serangan Jihadis Menewaskan 10 Polisi

OUAGADOUGOU, BURKINA FASO (voa-islam.com) - Burkina Faso mendeklarasikan keadaan darurat di provinsi-provinsi yang bergulat dengan pertempuran melawan jihadis, kata Menteri Komunikasi Remis Fulgance Dandjinou, Senin (31/12/2018).

“Presiden telah memutuskan untuk mengumumkan keadaan darurat di provinsi-provinsi tertentu di Burkina Faso. Dia juga telah memberikan instruksi untuk langkah-langkah keamanan khusus di seluruh negeri, ”kata Dandjinou setelah pertemuan kabinet yang mengikuti serangan mematikan terhadap polisi.

Pada hari Kamis, 10 polisi tewas dan tiga lainnya cedera dalam serangan di barat laut negara itu, dekat perbatasan dengan Mali.

Mereka menuju ke desa Loroni setelah sebuah sekolah diserang dan buku pelajaran dibakar oleh penyerang bersenjata, kata satu sumber keamanan kepada AFP.

Kelompok afiliasi Al-Qaidah, Jamaat Nasrul Islam wal Muslimin (JINM) menyatakan tanggung jawab atas serangan tersebut,

Pada 22 Desember, tiga tentara tewas ketika kendaraan mereka dihantam oleh bom rakitan (IED) pinggir jalan antara Fada dan Kompienbiga, kata Staf Umum Angkatan Bersenjata Burkina Faso. Empat tentara lainnya terluka.

Keadaan darurat berlaku untuk sejumlah provinsi yang berada dalam tujuh dari 13 wilayah administratif negara itu, kata Dandjinou.

Wilayahnya adalah Hauts-Bassins, Boucle du Mouhoun, Cascades, Utara dan Sahel, di barat dan utara negara itu, dan Timur dan Tengah-Timur di timur.

Nama-nama provinsi di mana keadaan darurat akan diterapkan akan diumumkan kepada publik dalam sebuah keputusan presiden, katanya.

Keadaan darurat memberikan kekuatan tambahan kepada pasukan keamanan untuk melakukan pencarian dari rumah ke rumah dan membatasi kebebasan bergerak.

Pejabat berjuang untuk melawan "sifat menyebar, lintas batas ancaman teroris," Reuters melaporkan mengutip juru bicara pemerintah Remy Fulgance setelah rapat kabinet.

Presiden Roch Marc Christian Kaboré mengatakan pada bulan September bahwa langkah-langkah keamanan tambahan akan diluncurkan untuk "melanjutkan inisiatif" di seluruh Burkina Faso "untuk memberantas kutukan terorisme." Pasukan keamanan telah menahan ratusan orang sehubungan dengan serangan.

Sebagai salah satu negara termiskin di dunia, Burkina Faso telah memerangi gelombang serangan yang meningkat selama tiga tahun terakhir, dimulai di wilayah Utara dekat perbatasan dengan Mali.

Serangan telah menyebar ke wilayah Timur, dekat perbatasan dengan Togo, Benin dan Niger.

Sebagian besar serangan dikaitkan dengan kelompok jihadis Ansar ul Islam, yang muncul di dekat perbatasan Mali pada Desember 2016, dan ke Kelompok Jamaat Nasrul Islam Wal Muslimin (JNIM), yang bersumpah setia kepada Al-Qaidah di Maghreb Islam (AQIM).

Kelompok-kelompok itu diyakini bertanggung jawab atas lebih dari 255 kematian sejak 2015 dengan ibukota Burkina Faso, Ouagadougou telah dihantam tiga kali serangan dan hampir 60 orang tewas di sana. (st/tds)


latestnews

View Full Version