View Full Version
Jum'at, 04 Jan 2019

Istri Jihadis Terkenal di Prancis Ditahan dan Didakwa dengan Kejahatan Terorisme

PARIS, PRANCIS (voa-islam.com) - Istri dari salah seorang jihadis paling terkenal di Prancis, Peter Cherif, telah didakwa dan sementara ditahan, beberapa hari setelah suaminya kembali ke penjara setelah tujuh tahun dalam pelarian.

"Soulef A", yang ditangkap bersama dengan Cherif di Djibouti pada pertengahan Desember, telah didakwa dengan asosiasi kriminal dengan jihadis dan membiayai firma jihadis dan mengadakan sidang pada 7 Januari.

Cherif, 36, yang dikembalikan ke Prancis pada akhir Desember dan ditahan, dianggap sebagai sumber potensial informasi berharga oleh agen intelijen barat. Pemerintah Prancis telah mencarinya sejak ia menghilang pada 2011 di hari terakhir persidangannya di Paris karena berjihad di Irak bersama Al-Qaidah pada 2004.

Dia muncul di hadapan seorang hakim Prancis pada tanggal 27 Desember dan dikeluarkan dengan tuduhan baru tentang konspirasi jihadis sebelum kembali ke penjara untuk menjalani hukuman lima tahun dari persidangan aslinya.

Dia dekat dengan dua bersaudara Kouachi, yang membantai staf di majalah Charlie Hebdo Prancis yang kerap menghina umat Muslim dan Nabi Muhammad pada tahun 2015. Pada tahun yang sama, Cherif, juga dikenal sebagai Abou Hamza, ditempatkan di daftar hitam jihadis asing AS.

Penyelidik membuka penyelidikan baru pada tahun 2017 ke dalam kegiatannya di Yaman, di mana ia bergabung dengan jajaran senior cabang lokal Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP). Amerika Serikat menganggap AQAP sebagai cabang kelompok jihadis paling berbahaya, dan serangan drone terhadap AQAP meningkat sejak Donald Trump menjadi presiden AS pada Januari 2017.

Soulef A ditahan pada hari Ahad setelah kedatangannya di Prancis. (st/AFP)


latestnews

View Full Version