View Full Version
Senin, 07 Jan 2019

Turki Kecam Tuduhan Tidak Rasional AS Bahwa Mereka Akan Menyerang Warga Sipil Kurdi

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Juru bicara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengecam tuduhan AS bahwa Turki menyerang warga sipil Kurdi di bagian timur laut Suriah menyebutnya sebagai tidak rasional.

Ibrahim Kalin mengatakan pada hari Ahad (6/1/2019) bahwa kampanye militer Ankara di negara Arab tetangga itu, selain Islamic State, hanya menargetkan para anggota Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) dan Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Ankara memandang YPG sebagai cabang PKK Suriah, yang secara teratur bentrok dengan pasukan Turki di tenggara Turki yang didominasi orang Kurdi.

Kalin berpendapat bahwa YPG dan PKK tidak mewakili Kurdi Suriah, yang ia sebut sebagai "saudara."

"Untuk berargumen bahwa organisasi teroris itu mewakili Kurdi, di atas segalanya, tidak menghormati saudara-saudara Kurdi kita," kata Kalin, menambahkan, "Salah satu tujuan perjuangan Turki melawan PKK dan cabang-cabangnya di Suriah adalah untuk menyelamatkan Kurdi dari tirani dan penindasan kelompok teror ini. "

YPG adalah tulang punggung Tentara Demokratik Suriah (SDF), yang mempertahankan kerja sama militer yang erat dengan AS.

Turki mengirim bala bantuan militer ke Suriah utara, yang dikuasai oleh pemberontak Komunis Kurdi yang didukung AS, ketika pasukan Amerika bersiap untuk meninggalkan negara Arab tersebut.

Pernyataan Kalin datang setelah John Bolton, Penasihat Keamanan Nasional AS, sebelumnya mengatakan pada hari Ahad bahwa pasukan Amerika akan tinggal di timur laut Suriah sampai Turki berjanji untuk tidak mengejar kelompok-kelompok Kurdi sekutu AS.

"Kami tidak berpikir Turki harus melakukan aksi militer yang tidak sepenuhnya dikoordinasikan dengan dan disetujui oleh Amerika Serikat, setidaknya," katanya kepada wartawan di Israel.

Ini, katanya, adalah untuk memastikan bahwa Turki memenuhi persyaratan utama Trump untuk menindaklanjuti rencana penarikannya.

Sementara Trump awalnya berjanji untuk menarik semua pasukan Amerika dalam waktu satu bulan, Bolton menolak untuk memberikan jadwal yang jelas dan mengatakan evakuasi akan berjalan sesuai rencana setelah semua "syarat" dipenuhi.

"Ini adalah misi sebab-akibat," kata Bolton, menambahkan, "Jadwal atau waktu penarikan terjadi sebagai hasil dari pemenuhan kondisi dan pembentukan keadaan yang ingin kita lihat. Dan setelah itu selesai, maka Anda berbicara tentang jadwal. "

Pejabat keamanan nasional tertinggi Gedung Putih diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Turki pada hari Senin, di mana ia seharusnya membahas rencana Ankara untuk memerangi Islamic State.

Trump telah menyarankan bahwa Turki dapat mengambil tanggung jawab militer Amerika di Suriah.

Ketakutan akan serangan Turki telah menyebabkan orang Kurdi melakukan perjanjian dengan pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk meninggalkan kota Suriah Manbij sebagai imbalan atas dukungan militer jika mereka diserang dari Turki. (st/ptv)


latestnews

View Full Version