View Full Version
Rabu, 09 Jan 2019

Presiden Sudan Omar Al Bashir Tolar Seruan Mundur dari Para Demonstran

KHARTOUM, SUDAN (voa-islam.com) - Presiden Sudan Omar Al Bashir, yang menghadapi protes paling keras sejak dia merebut kekuasaan pada 1989, pada Rabu (9/1/2019) menolak seruan agar dia mundur ketika pasukan keamanan menembakkan gas air mata untuk membubarkan sebuah demonstrasi di kota timur Al Qadarif.

Berbicara kepada tentara di sebuah pangkalan militer di dekat Atbara, timur laut ibukota Khartoum, Bashir mencemooh permintaan para demonstran agar dia menyerahkan kekuasaan kepada militer.

"Kami tidak memiliki masalah karena tentara tidak bergerak untuk mendukung pengkhianat, tetapi bergerak untuk mendukung tanah air dan pencapaiannya," kata Bashir selama pidato yang disiarkan oleh saluran TV yang berafiliasi dengan partai berkuasa.

Omar Bashir, seorang mantan jenderal militer, berkuasa dalam kudeta yang didukung Islamis dan telah bertahan melalui pemilihan berturut-turut yang lawan-lawannya katakan tidak bebas atau adil.

Protes terhadap kenaikan harga dan kesulitan ekonomi lainnya dimulai pada 19 Desember. Pihak berwenang mengatakan 19 orang, termasuk dua pejabat keamanan, telah terbunuh, sementara Amnesty International dan Human Rights Watch menempatkan jumlahnya dua kali lipat dari itu.

Pasukan keamanan telah memblokir dan membubarkan demonstrasi dengan menggunakan amunisi tajam serta gas air mata dan granat setrum.

Demonstrasi hari Selasa di Al Qadarif adalah salah satu demonstrasi terbesar dalam beberapa pekan terakhir.

Video yang diposting di media sosial menunjukkan ratusan orang meneriakkan "kebebasan, perdamaian, keadilan!" dan "revolusi adalah pilihan rakyat". Reuters tidak dapat memverifikasi rekaman secara independen.

Tiga warga Al Qadarif, yang tidak terlibat dalam protes itu sendiri, mengatakan pasukan keamanan menembakkan gas air mata untuk membubarkan protes, yang diorganisir oleh sekelompok serikat pekerja yang dikenal sebagai Asosiasi Profesional Sudan.

Gubernur Al Tayib Al Amin mengatakan kepada Reuters bahwa protes terbatas dan bahwa polisi menangani situasi secara profesional.

Menteri Dalam Negeri Ahmed Bilal Othman mengatakan pada hari Senin lebih dari 800 orang telah ditahan sejak protes dimulai hampir tiga pekan lalu.

Omar Al-Bashir didakwa oleh Pengadilan Kriminal Internasional pada tahun 2009 untuk kejahatan perang dan pelanggaran lainnya terhadap warga sipil selama konflik di Darfur tetapi dia belum ditangkap. Dia menolak tuduhan itu. (st/tn)


latestnews

View Full Version