View Full Version
Jum'at, 11 Jan 2019

Rusia Tuduh BBC Siarkan Propaganda Islamic State (IS)

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Rusia menuduh BBC menyebarkan "ideologi teroris" melalui layanan berbahasa Rusia mereka, dalam pertikaian terbaru antara Moskow dan London.

Ini menyusul penggunaan kutipan dari pemimpin kelompok Islamic State (IS), Abu Bakar al-Baghdadi, antara lain, oleh BBC dalam potongan-potongan berita oleh kantor penyiaran Inggris tersebut.

"Saat ini kami telah menemukan bahan yang mentransmisikan ideologi kelompok teroris internasional (kutipan dari teroris al-Baghdadi)" di situs web BBC berbahasa Rusia, kata pengawas pers negara itu, Roskomnadzor, dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (10/1/2019).

Ia menambahkan bahwa itu akan menyelidiki apakah BBC telah melanggar hukum.

Hukum Rusia tidak melarang mengutip "teroris", namun, ketika disebutkan sebuah penafian harus dimasukkan mencatat bahwa kelompok semacam itu dilarang di Rusia.

Roskomnadzor tidak memberikan contoh atau tanggal dugaan pelanggaran hukum ini dalam pernyataannya.

Hubungan antara Rusia dan Inggris telah mencapai titik terendah, setelah penggunaan agen saraf dalam serangan terhadap mantan agen ganda Rusia Sergei Skripal dan putrinya Yulia di kota Salisbury, Inggris.

Inggris menuduh Moskow melakukan serangan itu, yang menewaskan seorang wanita.

Roskomnadzor juga telah meminta dokumen dari layanan BBC Rusia untuk melihat apakah kantor penyiaran itu telah melanggar undang-undang baru yang membatasi kepemilikan asing atas media Rusia.

Layanan ini saat ini terbatas pada internet, tetapi telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir dan memiliki banyak wartawan top di tim yang berurusan dengan subyek politik yang sering sensitif.

Ofcom dari Inggris mengatakan pada bulan Desember bahwa mereka telah menemukan pelanggaran aturan ketidakberpihakan dalam tujuh acara kantor berita Rusia Today (RT) yang disiarkan setelah serangan agen syaraf Salisbury pada mantan agen ganda Rusia Sergei Skripal dan putrinya Yulia.

Moskow mengatakan pada saat itu bahwa setiap tindakan terhadap BBC adalah "cerminan langkah" untuk "propaganda konstan Inggris terhadap RT, sebuah saluran milik negara beruang merah tersebut. (st/TNA)


latestnews

View Full Version