View Full Version
Senin, 14 Jan 2019

Perusahaan Israel Akui Mata-matai Amir Qatar

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - CEO perusahaan spyware Israel NSO Group telah mengakui bahwa perangkat lunaknya digunakan untuk memata-matai Amir Qatar.

Dalam sebuah wawancara dengan Yedioth Ahronoth akhir pekan ini, Shalev Hulio mengakui bahwa produk perusahaannya digunakan untuk memata-matai Amir Tamim Bin Hamad Al-Thani, serta Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed Bin Abdulrahman Al-Thani.

Wawancara mengungkapkan bahwa perangkat lunak "Pegasus" NSO - yang dapat digunakan untuk menginfeksi ponsel target dari jarak jauh dan kemudian menyampaikan kembali data yang diakses oleh perangkat tersebut - digunakan untuk menyadap panggilan telepon dan pesan teks yang dibuat oleh menteri luar negeri Qatar dan Amirnya. Percakapan ini dilaporkan berkaitan dengan "tebusan ratusan juta dolar ke Iran dan Syi'ah Hizbullata untuk pembebasan beberapa Qatar," beberapa di antaranya diduga dikirim kepada komandan Pasukan Quds Pengawal Revolusi Syi'ah Iran, Qasem Soleimani.

Pengawasan ini tampaknya dilakukan atas perintah Uni Emirat Arab (UEA). Hulio mengungkapkan bahwa Badan Pengendalian Ekspor Pertahanan Israel (DECA) mengesahkan tiga kesepakatan dengan UEA untuk penjualan perangkat lunak NSO, meskipun fakta bahwa DECA hanya seharusnya memberikan otorisasi untuk "tujuan memerangi terorisme dan kejahatan".

Kesepakatan ini - yang diduga dimediasi oleh mantan pejabat senior pertahanan Israel yang memiliki hubungan dekat dengan seorang pejabat senior Emirat - menghasilkan total $ 80 juta pendapatan untuk NSO.

Perangkat lunak Pegasus NSO telah mendapat sorotan tajam dalam beberapa bulan terakhir setelah produk tersebut terungkap terlibat dalam pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi. Meskipun Hulio menekankan dalam wawancara dengan Yedioth Ahronoth akhir pekan ini bahwa "Khashoggi tidak ditargetkan oleh produk atau teknologi NSO, termasuk mendengarkan, memantau, melacak lokasi dan pengumpulan intelijen," tampaknya Arab Saudi menggunakan perangkat lunak NSO untuk memata-matai banyak teman dan kolega Khashoggi.

Edward Snowden, pengungkap fakta di AS, berada di garis depan dari klaim-klaim ini, mengatakan kepada surat kabar Israel: "Saya tidak berpura-pura bahwa NSO terlibat dalam meretas [langsung] ke telepon Khashoggi, sehingga penolakan mereka tidak membawa kami ke kesimpulan yang berbeda. Bukti menunjukkan bahwa produk perusahaan terlibat dalam peretasan ke telepon teman [Khashoggi], Omar Abdel Aziz, Yahya Assiri, dan Ghanem Al-Masarir. "

UAE juga diketahui telah menggunakan perangkat lunak NSO selama beberapa waktu. Pada 2016, Citizen Lab dan Apple mengungkapkan ada upaya untuk menginfeksi iPhone yang dimiliki oleh aktivis hak asasi manusia Ahmed Mansoor. Mansoor telah mengangkat alarm setelah menerima teks mencurigakan yang dimaksudkan untuk "umpan untuk membuatnya mengklik tautan, yang akan menyebabkan infeksi Apple iPhone 6-nya dan kontrol perangkat melalui perangkat lunak mata-mata yang dibuat oleh NSO Group". (st/MeMo)


latestnews

View Full Version