View Full Version
Selasa, 22 Jan 2019

Turki Berencana Luncurkan Investigasi Internasioanal atas Pembunuhan Jamal Khashoggi

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki mengatakan sedang membuat persiapan untuk meluncurkan investigasi internasional ke dalam pembunuhan mengerikan terhadap jurnalis pembangkang Saudi Jamal Khashoggi, mengecam negara-negara Barat tertentu atas apa yang mereka sebut upaya untuk menutupi pembunuhan tersebut.

Berbicara pada sebuah pertemuan pemuda di Istanbul pada hari Senin (21/2/2019), Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu menekankan bahwa Ankara sangat menyadari kesulitan di jalan untuk menjelaskan kasus pembunuhan Khashoggi.

“Ada negara-negara Barat yang berusaha menutupi kasus ini. Saya tahu alasannya. Kami tahu dan melihat jenis transaksi apa yang dibuat. Kami melihat bagaimana mereka yang berbicara tentang kebebasan pers sekarang menutupi ini setelah melihat uang, ”katanya.

Namun, ia menambahkan, Turki merencanakan penyelidikan internasional terhadap kasus ini.

“Namun, kami akan mencoba sampai akhir. Kami membuat persiapan untuk penyelidikan internasional dalam beberapa hari mendatang dan kami akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan, ”kata Cavusoglu.

Khashoggi - seorang kritikus blak-blakan Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman - dibunuh oleh tim pembunuh Saudi di dalam konsulat Istanbul di kerajaan Oktober lalu.

Setelah berminggu-minggu penolakan keterlibatan apa pun dalam menghilangnya sang jurnalis, rezim Riyadh akhirnya mengakui pembunuhan "yang direncanakan" tersebut, tetapi berusaha untuk menjauhkan bin Salman dari kasus ini.

Namun, pembunuhan itu secara luas diyakini telah diperintahkan oleh pewaris tahta Saudi tersebut.

CIA juga dikatakan telah menyimpulkan bahwa putra mahkota "mungkin telah memerintahkan" pembunuhan itu.

Pada Desember 2018, Turki menyerukan penyelidikan internasional terhadap kasus ini. Ankara ingin Riyadh mengekstradisi para tersangka agar mereka diadili di Istanbul, permintaan yang ditolak oleh penguasa Saudi.

Arab Saudi mengadakan sidang awal tentang pembunuhan Khashoggi awal bulan ini, dengan jaksa penuntut umum menuntut hukuman mati untuk lima dari 11 tersangka yang ditahan.

Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR), bagaimanapun, mengatakan tidak dapat menilai keadilan persidangan tersebut, dan dalam hal apa pun itu "tidak memadai."

Mereka juga menyerukan penyelidikan independen “dengan keterlibatan internasional. (st/ptv)


latestnews

View Full Version