View Full Version
Selasa, 29 Jan 2019

Laporan: Prancis Akan Bawa Pulang 130 Pejuang Islamic State dari Suriah

PARIS, PRANCIS (voa-islam.com) - Paris akan memulangkan sekitar 130 pria yang ditahan di Suriah yang diduga memiliki hubungan dengan Islamic State (IS), menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh BFM TV di Prancis. Orang-orang itu saat ini ditahan oleh pasukan Tentara Demokratik Suriah, mitra Koalisi anti-IS pimpinan AS.

Ketika AS berencana untuk mundur dari Suriah, ada kekhawatiran tentang masa depan para tahanan dan ancaman yang mereka hadapi.

"Semua orang yang akan kembali ke Prancis akan diadili di pengadilan. Jika hakim memperkirakan akan diperlukan untuk memenjarakan mereka, dan itu akan menjadi kasus biasa, mereka akan dipenjara, "Menteri Dalam Negeri Prancis Christophe Castaner mengatakan kepada stasiun TV tersebut pada hari Selasa (29/1/2019).

Castaner, Menteri Dalam Negeri sejak Oktober tahun lalu, menghadapi pilihan yang sulit karena banyak negara Eropa dan anggota Koalisi menahan diri untuk tidak memulangkan hingga 600 dari sekitar 3.200 anggota IS dan keluarga mereka yang ditahan di Suriah. Ratusan tahanan ini berasal dari negara-negara Eropa, beberapa dari 5.000 anggota IS dari Eropa yang pergi ke Suriah dan Irak dan melakukan genosida terhadap penduduk daerah itu, termasuk Yazidi di Irak pada Agustus 2014.

Banyak anggota Islamic State asing dicurigai melakukan kejahatan paling brutal dari organisasi itu, termasuk sel “Beatles” yang terkenal dari anggota IS dari Inggris yang mengeksekusi Steven Sotloff dan James Foley. Dua tersangka anggota kelompok dari Inggris ini ditangkap oleh SDF dan ditahan di Suriah. Inggris bergerak untuk menanggalkan kewarganegaraan mereka pada tahun 2018.

Pekan lalu seorang wanita dari Trinidad dipersatukan kembali dengan putra-putranya yang telah dibawa pergi oleh ayahnya yang anggota Islamic State dan dibawa ke Suriah. Putra-putranya ditemukan oleh SDF setelah ditinggalkan, dan dibawa ke Camp Roj di Suriah di mana keluarga IS, termasuk banyak istri asing, tinggal.

Dalam menghadapi kekalahan yang akan terjadi, ribuan anggota Islamic State meninggalkan daerah terakhir yang dipegangnya di dekat sungai Efrat. Pada awal Januari, anggota IS dari Amerika, Irlandia dan asing lainnya ditahan. Menurut sumber-sumber lokal, Biro Penyelidik Federal AS (FBI) telah terlibat dalam mewawancarai beberapa orang Amerika yang ditahan.

SDF telah meminta dukungan pendanaan asing dan bagi pemerintah asing untuk membawa pulang anggota IS asal negara mereka. Beban merawat 3.000 tahanan Islamic State dan keluarga mereka sulit bagi SDF, terutama karena AS berusaha menarik diri dari Suriah.

Organisasi-organisasi hak asasi manusia internasional telah menentang SDF mentransfer para pejuang IS ke Irak, di mana banyak yang dituduh melakukan genosida, perdagangan budak dan pemerkosaan.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia juga menentang pemindahan mereka ke pemerintah Suriah. Anggota koalisi mengatakan bahwa para ekstremis merupakan ancaman dan tidak boleh dilepaskan.

Dalam ketidakpastian, AS bahkan telah berupaya memfasilitasi pemindahan anggota Islamic State dari Suriah ke tempat lain. Satu warga negara ganda akan dikirim ke Arab Saudi sebelum ACLU berusaha untuk memblokir transfer tersebut. Menurut Politico, AS kemudian berencana untuk membebaskan lelaki itu dan memberinya $ 4.000 dan telepon seluler, meskipun diduga sebagai anggota IS.

Beberapa anggota Islamic State dikembalikan ke Makedonia. Pada saat itu, pada musim panas 2018, AS mengatakan bahwa ada lusinan pejuang asing dari Jerman, Prancis dan Rusia yang ditahan di Suriah.

"Pemerintah Prancis mengatakan mereka tidak ingin orang-orang ini kembali," kata Brigadir Prancis. Jenderal Frederic Pariso pada Juli 2018, menurut CNN. Sekarang, tampaknya dihadapkan dengan ketidakpastian masa depan SDF di Suriah, serta penarikan pasukan AS yang segera, Prancis telah memutuskan untuk mengambil tanggung jawab atas warganya yang secara ilegal pergi ke Suriah dan Irak. (st/jp)


latestnews

View Full Version