View Full Version
Rabu, 30 Jan 2019

Masjid di Zamboanga Filipina Dilempari Granat, 2 Orang Tewas 4 Terluka

ZAMBOANGA, FILIPINA (voa-islam.com) - Sedikitnya dua orang kehilangan nyawa ketika para penyerang tak dikenal melemparkan sebuah granat ke sebuah masjid di Filipina selatan, hanya beberapa hari setelah ledakan bom kembar di sebuah katedral Katolik Roma menewaskan hampir dua lusin orang dan melukai lebih banyak lagi.

Juru bicara militer regional Letnan Kolonel Gerry Besana mengatakan serangan itu terjadi di Kota Zamboanga Rabu (30/1/2019) pagi ketika sebuah granat dilemparkan ke dalam sebuah masjid, menewaskan dua orang dan melukai empat lainnya.

Para korban tidur di dalam masjid pada saat serangan.

Serangan granat mendapat kecaman langsung dari pihak berwenang.

"Tidak ada penebus pembunuhan yang menghinakan semacam itu. Ini adalah bentuk pengecut dan kecabulan tertinggi karena menyerang orang-orang yang shalat," kata pemimpin regional Mujiv Hataman. "Kami menyerukan orang-orang dari semua agama ... untuk bersama-sama berdoa untuk perdamaian."

Sebelumnya pada hari Ahad, serangan bom terhadap Katedral Our Lady of Mount Carmel di pulau Jolo yang terpencil dan bergolak menewaskan sedikitnya 20 orang dan melukai lebih dari 100 orang selama misa.

Oscar Albayalde, kepala polisi negara itu, kemudian mengungkapkan bahwa saudara lelaki dari pemimpin kelompok Abu Sayyaf yang terbunuh, yang telah berjanji setia kepada Islamic State (IS) dan terkenal karena serangan pemboman, adalah tersangka dalam serangan terhadap katedral.

Dia mengidentifikasi orang itu dengan nama samarannya, Kamah, mengatakan bahwa dia adalah saudara lelaki dari mantan pemimpin Abu Sayyaf, Surakah Ingog.

Serangan itu terjadi setelah referendum tentang otonomi yang diperluas untuk mayoritas Muslim dan Filipina yang dilanda perselisihan, meningkatkan harapan bahwa rencana itu akan membawa pembangunan, pekerjaan dan perdamaian di sana. (st/ptv)


latestnews

View Full Version