View Full Version
Rabu, 30 Jan 2019

Saudi Berjanji Bebaskan 7 Pemberontak Syi'ah Houtsi Setelah Tentaranya yang Sakit Dibebaskan

ADEN, YAMAN (voa-islam.com) - Koalisi yang dipimpin Saudi di Yaman mengatakan bahwa tujuh pemberontak Syi'ah Houtsi yang mereka tahan akan dibebaskan, setelah seorang tahanan Saudi yang dibebaskan oleh kelompok pemberontak Syi'ah kaki tangan Iran itu tiba di Riyadh pada hari Selasa (29/1/2019), televisi pemerintah Saudi melaporkan, lapor Reuters.

Tahanan Saudi, Mousa Awaji dikembalikan dengan pesawat Palang Merah dari Sana'a pada Selasa karena sakit, kata saluran TV Syi'ah Houtsi al-Masirah, mengutip Abdulqadir Murtada, seorang pejabat Houtsi.

Utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Yaman, Martin Griffiths, menyambut pembebasan tahanan Saudi, mentweet bahwa ia berharap untuk melihat "gerakan kemanusiaan yang lebih serupa dari para pihak yang bertikai," dan menantikan pelaksanaan perjanjian pertukaran tahanan.

Pihak-pihak yang bertikai di Yaman belum menyetujui syarat penuh pertukaran tahanan, salah satu langkah pembangunan kepercayaan yang paling tidak disetujui dalam pembicaraan damai yang disponsori PBB yang diadakan pada bulan Desember di tengah tekanan Barat untuk mengakhiri konflik.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mendorong pertukaran ini, dan pelaksanaan gencatan senjata di kota pelabuhan utama Hodeidah, untuk membuka jalan bagi putaran kedua diskusi untuk mengakhiri perang di mana puluhan ribu orang terbunuh dalam hampir lima tahun. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version