View Full Version
Jum'at, 01 Feb 2019

AS Hentikan Semua Bantuan USAID di Tepi Barat dan Jalur Gaza Palestina

YERUSALEM, PALESTINA (voa-islam.com) - Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) telah mengakhiri semua bantuan untuk Palestina di Tepi Barat dan Gaza yang diduduki, kata seorang pejabat AS, Jum'at (1/2/2019).

Keputusan itu terkait dengan batas waktu 31 Januari yang ditetapkan oleh undang-undang AS yang baru di mana penerima bantuan asing akan lebih terekspos pada tuntutan hukum anti-terorisme.

Tenggat waktu juga melihat akhir dari sekitar $ 60 juta bantuan AS untuk pasukan keamanan Palestina, yang kerjasama dengan pasukan Israel membantu menjaga ketenangan relatif di Tepi Barat.

Undang-Undang Klarifikasi Anti-Terorisme Kongres (ATCA) memberi kuasa kepada orang Amerika untuk menuntut penerima bantuan asing di pengadilan AS atas dugaan keterlibatan dalam "aksi perang". Palestina telah menolak lebih jauh pendanaan AS, khawatir akan bahaya tuntutan hukum.

"Atas permintaan Otoritas Palestina, kami telah menghentikan beberapa proyek dan program tertentu yang didanai dengan bantuan di bawah otoritas yang ditentukan dalam ATCA di Tepi Barat dan Gaza, seorang pejabat AS mengatakan kepada Reuters, Jum'at.

"Semua bantuan USAID di Tepi Barat dan Gaza telah berhenti."

Pejabat itu mengatakan tidak ada langkah yang diambil untuk menutup misi USAID di wilayah Palestina, dan tidak ada keputusan yang diambil tentang penempatan staf di misi USAID di Kedubes AS di Yerusalem. (st/AN)


latestnews

View Full Version