View Full Version
Sabtu, 09 Feb 2019

Jenderal AS: Serangan Udara Militer AS Tidak Akan Mengalahkan Al-Shabaab

SUTTGART, JERMAN (voa-islam.com) - Kampanye udara militer AS melawan Al-Shabaab di Somalia tidak akan menghentikan para jihadis, kata seorang jenderal penting AS pada hari Kamis (7/2/2019) ketika ia meminta tentara negara Afrika timur itu untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab dalam pertempuran itu.

Pentagon menjalankan misi berkelanjutan di mana pasukan AS bekerja sama dengan Uni Afrika dan pasukan keamanan nasional Somalia untuk memerangi gerakan Al-Shabaab.

"Pada akhirnya, serangan-serangan ini tidak akan mengalahkan Al-Shabaab," kata kepala Komando Afrika militer Jenderal Thomas Waldhauser kepada Komite Layanan Bersenjata Senat.

"Intinya adalah pasukan nasional Somalia perlu tumbuh, perlu ditingkatkan dan perlu bertanggung jawab atas keamanan mereka sendiri," tambahnya.

Sejak awal 2017, AS telah meningkatkan jumlah serangan yang dilakukan, dengan 35 pada tahun itu, 47 di tahun 2018 dan sekitar 12 sejauh tahun ini, kata Waldhauser.

Dia menambahkan bahwa serangan AS memberikan ruang bagi pasukan lokal untuk tumbuh.

Pasukan Uni Afrika mendorong pejuang Al-Shabaab keluar dari ibukota Somalia pada 2011, dan kemudian dari kota-kota lain.

Tetapi kelompok jihadis itu masih memegang kendali di sebagian besar daerah pedesaan.

Mereka melancarkan serangan senjata dan bom secara teratur pada target pemerintah dan militer di Mogadishu serta penyergapan terhadap konvoi dan pos-pos militer.

Dalam satu serangan bulan lalu, Komando Afrika mengklaim menewaskan 52 pejuang Somalia.

Pada bulan Desember, militer AS mengaku telah membunuh 62 anggota Al-Shabaab selama enam serangan udara di negara Tanduk Afrika tersebut. (st/TNA)

Share this post..

latestnews

View Full Version