View Full Version
Rabu, 13 Feb 2019

Pejuang Oposisi Suriah dan Rezim Teroris Assad Lakukan Pertukaran Tahanan di Kota Al-Bab

ALEPPPO, SURIAH (voa-islam.com) - Pejuang oposisi Suriah dan rezim teroris Assad mengambil bagian dalam pertukaran tahanan yang langka pada hari Selasa (12/2/2019), sebagai bagian dari proses perdamaian yang dipimpin oleh Turki, Rusia dan Iran.

Pertukaran terbatas itu termasuk 42 orang tahanan dan terjadi di dekat kota oposisi al-Bab, di keguberuran Aleppo di utara Suriah, menurut media pemerintah Turki.

Rezim Bashar al-Assad membebaskan 22 tawanan, termasuk wanita dan anak-anak, sementara pejuang oposisi mengembalikan 20 tahanan pria yang merupakan anggota pasukan rezim.

"Banyak orang yang telah ditahan oleh kelompok pemberontak dan oleh rezim Suriah telah dibebaskan," kata kementerian luar negeri Turki dalam sebuah pernyataan.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan bahwa 11 wanita termasuk di antara mereka yang dibebaskan oleh rezim teroris Assad.

Proses perdamaian Astana adalah serangkaian negosiasi oleh tiga aktor asing utama dalam perang Suriah, Iran dan Rusia - yang mendukung rezim Suriah dan Turki - yang mendukung kelompok oposisi.

Rencana perdamaian itu independen dari upaya PBB untuk mengakhiri perang, yang telah menewaskan sedikitnya 500.000 jiwa - sebagian besar warga sipil tewas dalam pemboman dan penembakan sangat brutal rezim.

Sebuah pertukaran tahanan awal oleh mitra proses perdamaian tripartit terjadi pada bulan November. Pertukaran tahanan lainnya telah terjadi antara kedua belah pihak, yang telah berperang sejak 2011.

Meskipun puluhan tahanan telah ditukar selama perang, rezim teroris Assad masih menahan ratusan ribu warga Suriah di penjara, di mana penyiksaan sadis dan pembunuhan negara adalah rutin terjadi. (st/TNA)


latestnews

View Full Version