View Full Version
Kamis, 14 Feb 2019

Laporan: Kepala Intelijen Israel Diam-diam Kunjungi Saudi pada 2014

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Mantan pemimpin badan intelijen Israel Mossad mengunjungi Arab Saudi secara rahasia pada tahun 2014, dalam upaya untuk menggalang dukungan terhadap pengaruh Iran, ungkap Channel 13 News Israel pada Selasa malam.

Kabar itu adalah yang terbaru dari sebuah laporan tentang upaya rahasia antara Israel dan negara-negara Teluk untuk menormalkan hubungan keamanan dan diplomatik selama beberapa tahun terakhir, ketika Tel Aviv mendesak untuk hubungan terbuka dengan sekutu Teluk pada pertemuan puncak Timur Tengah di Warsawa hari Rabu (13/2/2019) ini.

Laporan itu mengungkapkan bahwa kepala Mossad saat itu, Tamir Pardo, melakukan kunjungan di belakang layar ke ibukota Saudi di mana ia bertemu dengan Pangeran Bandar bin Sultan, utusan khusus Raja Abdullah untuk membahas masalah Iran tak lama setelah perjanjian nuklir selesai. ditandatangani antara Iran dan negara-negara besar, mengakhiri sanksi yang telah melumpuhkan Republik Syi'ah tersebut selama beberapa dekade.

Pertemuan itu belum pernah terjadi sebelumnya karena fakta bahwa sampai saat itu, para pejabat Saudi hanya bertemu dengan para pejabat Israel di negara ketiga, menolak untuk menjadi tuan rumah.

Laporan itu, mengutip para diplomat Barat yang tidak dikenal, mengatakan bahwa pada akhir 2013, setelah penandatanganan perjanjian nuklir sementara, ada terobosan besar dalam hubungan antara Israel dan Arab Saudi.

Laporan itu muncul ketika Netanyahu menyarankan pada KTT anti-Iran di Warsawa pada hari Rabu bahwa ia akan membuat publik Israel melakukan normalisasi hubungan dengan banyak negara Teluk.

Dengan pengecualian Mesir dan Yordania, yang telah menandatangani perjanjian dengan Israel, tidak ada negara Arab lain yang memiliki hubungan langsung resmi dengan Tel Aviv. Namun serangkaian kesepakatan dan aliansi di bawah meja secara bertahap digali.

Bandar bin Sultan diyakini telah mengembangkan pembagian intelijen Saudi dan Israel selama masa jabatannya sebagai direktur jenderal Badan Intelijen Saudi dari 2012 hingga 2014, sebelum ia menjadi utusan dan penasihat Raja Abdullah.

Ikatan ini telah dipercepat sejak Mohammed bin Salman menjadi putra mahkota dan penguasa de facto.

Laporan Channel 13 juga mengungkapkan bagaimana proposal Saudi untuk memimpin pembicaraan damai antara Israel dan Palestina di tengah Perang Gaza 2014 ditolak oleh Netanyahu, yang membuat Saudi kecewa.

Laporan itu muncul ketika raja Saudi menegaskan kembali dukungannya bagi negara Palestina di masa depan. Pertemuan dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas pada hari Selasa, Raja Salman mengatakan negaranya "secara permanen berdiri di atas Palestina dan hak rakyatnya untuk negara merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya", lapor kantor resmi Saudi Press Agency.

Janji itu datang ketika Amerika Serikat diharapkan untuk menawarkan petunjuk proposal untuk perdamaian antara Israel dan Palestina pada konferensi pada hari Rabu di Warsawa, Polandia (st/ptv)


latestnews

View Full Version