View Full Version
Selasa, 05 Mar 2019

Laporan: India Klaim Tembak Jatuh Pesawat Tak Berawak Pakistan

NEW DEHLI, INDIA (voa-islam.com) - Media India mengklaim Angkatan Udara negara itu telah menembak jatuh pesawat tak berawak Pakistan yang telah menyimpang melintasi perbatasan bersama, memicu kekhawatiran bahwa ketegangan bilateral dapat melambung lagi setelah titik tinggi baru-baru ini.

Insiden itu terjadi pada hari Senin (4/3/2019), ketika sebuah pesawat tempur India Sukhoi-30 menjatuhkan pesawat tanpa awak di dekat kota Bikaner di negara bagian Rajasthan, India utara, kata laporan itu, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

Kantor berita Press Trust of India (PTI) mengklaim Angkatan Udara juga telah menembak jatuh drone Pakistan lainnya akhir bulan lalu.

Pada 14 Februari, pasukan paramiliter India di sisi Kashmir yang dikuasai India dihantam oleh serangan bom mematikan yang diatur oleh para jihadis yang bermarkas di Pakistan.

Ketegangan antara negara tentangga nuklir itu mencapai puncaknya kemudian, ketika India mengatakan telah melakukan serangan udara "preemptive" terhadap apa yang digambarkannya adalah kamp pelatihan jihadis di kota Balakot di Pakistan barat.

Angkatan Udara negara-negara tersebut kemudian terlibat dalam pertempuran udara yang menjatuhkan dua pesawat tempur India.

Selama eskalasi, kedua militer juga saling melepaskan tembakan atas Garis Kontrol yang membagi Kashmir antara dua negara. Baku tembak telah menewaskan beberapa orang di kedua sisi. Pada hari Sabtu, Pakistan mengatakan telah mengubur seorang prajurit "dengan kehormatan militer penuh karena membela tanah air." (st/ptv)


latestnews

View Full Version