View Full Version
Selasa, 05 Mar 2019

Wartawan Nigeria Klaim Islamic State Pecat Pemimpin ISWAP Abu Mushab Al-Barnawi

ABUJA, NIGERIA (voa-islam.com) - Kelompok Islamic State (IS) telah memecat Abu Mus'ab al-Barnawi sebagai pemimpin  Islam State Provinsi Afrika Barat (ISWAP), afiliasinya di Afrika Barat.

Menurut Ahmad Salkida, jurnalis Nigeria dengan pengetahuan paling mendalam tentang pemberontakan Boko Haram di timur laut, pemimpin ISWAP yang baru adalah Abu Abdullah Ibn Umar Albarnawi.

"Baru saja: Islamic State telah memecat Abu Mus'ab Albarnawi sebagai pemimpin afiliasi Afrika Barat (ISWAP). Wali baru, menurut rekaman audio 18:13, adalah Abu Abdullah Ibn Umar Albarnawi, tulis Ahmad Salkida di akun twitternya (@A_Salkida) Senin (4/3/2019).

"Tidak ada alasan yang diberikan untuk pemecatan al-Barnawi, Salkida menambahkan ditweetnya.

Boko Haram bergabung dengan Islamic State pada tahun 2015, pemimpinnya Abubakar Shekau menjanjikan bahwa kelompok itu akan mematuhi IS "pada saat sulit dan senang."

Namun, juga pada 2015, IS menunjuk Abu Mushab Al-Barnawi sebagai pemimpin kelompok itu, yang ditolak oleh Shekau, membuat kelompok itu terpecah-pecah dan berada di bawah kepemimpinan kedua pria tersebut. (st/sr)


latestnews

View Full Version