View Full Version
Kamis, 21 Mar 2019

Selandia Baru Akan Siarkan Adzan Hari Jum'at Melalui TV Nasional Demi Menghormati Umat Muslim

CHRISTCHURCH, SELANDIA BARU(voa-islam.com) - Panggilan Muslim untuk shalat, yang dikenal sebagai Adzan, akan disiarkan di televisi nasional di Selandia Baru pada hari Jum'at, Perdana Menteri negara itu Jacinda Ardern mengumumkan pada hari Rabu (20/3/2019).

Negara ini juga akan mengheningkan cipta selama  dua menit untuk mengenang para korban Christchurch dan para wanita di negara itu akan didorong untuk mengenakan jilbab untuk menunjukkan dukungan mereka bagi komunitas Muslim.

"Ada keinginan untuk menunjukkan dukungan kepada komunitas Muslim ketika mereka kembali ke masjid, terutama pada hari Jum'at," kata Arden kepada wartawan saat kunjungan keduanya ke Christchurch.

"Untuk mengakui hal ini akan ada mengheningkan cipta dua menit pada hari yang sama. Kami juga akan menyiarkan Adzan secara nasional, melalui TVNZ dan RNZ," tambahnya.

Ardern mengatakan bahwa pemerintah merencanakan layanan peringatan untuk para syuhada Christchurch, menambahkan bahwa mereka ingin melibatkan seluruh warga Selandia Baru juga.

Ratusan dari sebagian besar pelayat Muslim berkumpul pada hari Rabu pagi di sebuah pemakaman di dekat Masjid Linwood, untuk pemakaman seorang pengungsi Suriah dan putranya.

Khalid Mustafa dan putranya Hamza termasuk di antara 50 orang yang ditembak mati oleh teroris supremasi kulit putih Austrlian Brenton Tarrant di kota selatan Christchurch, Jum'at lalu. Keduanya merupakan yang pertama kali dimakamkan di antara para korban tewas. (st/TNA)


latestnews

View Full Version