View Full Version
Jum'at, 12 Apr 2019

Militer Sudan Tidak Akan Ekstradisi Omar Al-Bashir, Tetapi Akan Adili Dia di Rumah

KHARTOUM, SUDAN (voa-islam.com) - Seorang pejabat militer Sudan telah menyatakan bahwa pihak berwenang militer tidak akan mengekstradisi Presiden Omar al-Bashir yang digulingkan tetapi akan mengadilinya di dalam negeri, di hadapan bangsa.

Kolonel Jenderal Omar Zein Abedeen membuat pernyataan pada konferensi pers pada hari Jum'at (12/4/2019) di ibukota, Khartoum, membela militer menggulingkan al-Bashir dari kekuasaan.

Dia mengklaim langkah itu "bukan kudeta" tetapi respon terhadap tuntutan rakyat.

Dia juga mengatakan bahwa menyerahkan al-Bashir akan menjadi "tanda jelek di Sudan ... bahkan pemberontak yang membawa senjata, kita tidak akan mengekstradisi mereka."

Omar Al-Bashir diburu oleh Pengadilan Kriminal Internasional, di mana ia menghadapi dakwaan kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida karena kampanyenya yang mematikan terhadap pemberontak di Darfur.

Tentara Sudan mengklaim tidak memiliki ambisi untuk memegang tampuk kekuasaan lebih lama setelah menggulingkan Presiden Omar al-Bashir, dengan mengatakan pihaknya menanggapi seruan dari rakyat terhadap kekuasaannya.

Zein Abedeen mengatakan militer ingin "membimbing negara maju" dan bertindak sebagai "alat untuk perubahan."

Zein Abedeen, seorang anggota dewan transisi yang mengambil alih kekuasaan setelah al-Bashir ditangkap pada hari Kamis, mencoba untuk menyerang dengan nada berdamai, dengan mengatakan: "Kami datang untukmu."

Dia mengatakan al-Bashir ditahan tetapi menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut. Dia mengatakan anggota pemerintah puncak al-Bashir, termasuk wakil presiden dan rekannya, juga ditahan tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Dia berjanji militer akan tetap tinggal selama yang dibutuhkan.

Para pemrotes pro-demokrasi Sudan yang menghabiskan empat bulan di jalan-jalan untuk menentang presiden otokratis negara itu menentang para pemimpin militer yang menggulingkan Omar al-Bashir sehari sebelumnya.

Ribuan orang tetap duduk di luar markas militer di Khartoum semalam dan sampai Jum'at pagi meskipun jam malam diberlakukan oleh tentara setelah menangkap al-Bashir.

Penyelenggara demonstrasi mengatakan mereka akan terus melanjutkan kampanye. Tidak jelas apakah tentara akan bergerak melawan demonstran.

Suasana di kerumunan tampak meriah, dengan pengunjuk rasa memainkan musik dan meneriakkan, "Turun lagi" - referensi Menteri Pertahanan Awad Mohammed Ibn Auf.

Auf, seorang pensiunan Jenderal yang sebelumnya menjabat menteri pertahanan era Omar Al-Bashir dan masuk dalam daftar sanksi AS karena genosida Darfur, dilantik sebagai kepala dewan transisi militer baru yang telah mengambil alih kekuasaan untuk dua tahun ke depan. (st/TNA)


latestnews

View Full Version