View Full Version
Senin, 15 Apr 2019

Serangan Udara Tewaskan Orang Kedua Islamic State di Barat Laut Puntland

PUTNLAND, SOMALIA (voa-islam.com) - Sebuah serangan udara telah menewaskan orang kedua dari kelompok Islamic State (IS) di Somalia, kata pengumuman menteri keamanan di wilayah barat laut Puntland hari Ahad (14/4/2019).

"Serangan udara terjadi di dekat desa Hiririo di distrik Iskushuban, wilayah Bari sore ini di mana komandan Abdihakim Dhoqob dan seorang rekan yang dicurigai bepergian dengan sebuah mobil," kata Abdisamed Mohamed Galan.

Berbicara dari pelabuhan Bokasso, Galan tidak mengatakan siapa yang melancarkan serangan tersebut.

IS di Somalia jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kelompok jihadis saingan, Al-Shabaab, yang setia kepada Al-Qaidah.

Amerika Serikat mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka telah melanjutkan serangan udara terhadap Al-Shabaab dan sebelumnya telah menargetkan kedua kelompok itu.

Muse Abdiweli, seorang tetua di desa terdekat, mengkonfirmasi serangan itu.

"Ada ledakan besar dan beberapa ledakan kecil dan orang-orang yang pergi ke lokasi serangan kemudian melihat sebuah kendaraan hancur total dengan bagian tubuh manusia hancur berkeping-keping," katanya.

Amnesty International telah mengkritik serangan drone dan serangan udara AS di Somalia, bulan lalu melaporkan bahwa 14 warga sipil telah tewas dari hanya lima serangan udara yang telah mereka periksa, dari total 110 ledakan rudal.

Pasukan AS mengatakan pada 5 April bahwa dua warga sipil telah tewas dalam serangan udara di Somalia, pertama kali mereka mengakui kematian non-petempur sejak meluncurkan gelombang rudal yang menargetkan para jihadis. (st/Aby)


latestnews

View Full Version