View Full Version
Selasa, 16 Apr 2019

Parlemen Mesir akan Berikan Suara untuk Perpanjang Kekuasaan As-Sisi

KAIRO (voa-islam.com) - Parlemen Mesir, yang dipenuhi oleh loyalis Presiden Abdel Fattah As-Sisi, akan memberikan suara pada hari Selasa ini terkait tentang perubahan konstitusi yang dapat membuat mantan kepala militer itu berkuasa sampai 2030.

Amandemen yang diusulkan awalnya diperkenalkan pada bulan Februari oleh blok parlemen yang mendukung Sisi dan diperbarui minggu ini setelah beberapa putaran debat parlemen.

Amandemen termasuk mengubah Pasal 140 konstitusi yang memungkinkan presiden Mesir memperpanjang masa jabatan empat tahunnya saat ini, yang berakhir pada 2022, dalam dua tahun.

Perubahan lebih lanjut akan memungkinkan Sisi untuk masa jabatan enam tahun dan berpotensi tetap presiden sampai 2030.

Sisi memimpin tentara yang menggulingkan presiden terpilih Muhammad Mursi pada 2013 setelah protes terhadap pemerintahannya.

Sisi memenangkan masa jabatan pertamanya sebagai presiden pada tahun 2014 dan terpilih kembali pada bulan Maret 2018 dengan lebih dari 97 persen suara, setelah berkuasa hampir tanpa perlawanan di tengah penipisan sebagian besar oposisi terorganisir menentang kudeta yang membawanya ke kekuasaan .

Pemerintahannya telah banyak dikritik oleh kelompok-kelompok HAM karena penindasan terhadap lawan politik.[trtworld/fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version