View Full Version
Selasa, 16 Apr 2019

YouTube Kaitkan Kebakaran Katedral Notre Dame denga Serangan 9/11

PARIS (voa-islam.com) - Fitur pemeriksaan fakta YouTube yang bertujuan untuk mengatasi kesalahan informasi, secara tidak sengaja menandai siaran langsung dari kebakaran yang melanda Katedral Notre Dame di Paris dengan perincian tentang serangan teroris 11 September 2001 di Amerika Serikat.

Outlet berita memulai siaran langsung dari kebakaran katedral Notre Dame di YouTube, tetapi di bawah beberapa klip muncul sebuah kotak teks yang tidak biasa - sebuah entri dari Encyclopedia Britannica tentang serangan 9/11 di AS.

Mengantisapasi hal tersebut, seorang juru bicara YouTube, mengatakan fitur kotak teks telah dinonaktifkan untuk streaming langsung yang terkait dengan kebakaran tersebut.

"Panel-panel ini dipicu secara algoritmik dan sistem kami terkadang membuat panggilan yang salah," kata juru bicara YouTube kepada AFP. "Kami sangat sedih dengan kebakaran yang sedang berlangsung di Katedral Notre Dame."

Fitur ini, yang juga menghubungkan ke sumber-sumber luar lainnya seperti Wikipedia, diperkenalkan tahun lalu setelah YouTube menghadapi kritik keras atas video yang mengandung konten yang menyesatkan dan ekstrem.

Panel-panel itu seharusnya memerangi video menyesatkan tentang peristiwa terkenal - seperti manusia pertama yang berjalan di bulan - dengan menyajikan fakta-fakta, dalam upaya untuk menghentikan penyebaran berita palsu, kebohongan dan teori konspirasi.

YouTube, Facebook dan Twitter menuai kritik pada Maret lalu setelah video serangan teroris terhadap jamaah di dua masjid Selandia Baru beredar di situs-situs tersebut.[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version