View Full Version
Rabu, 17 Apr 2019

Presiden Terguling Sudan Dipindahkan ke Penjara

KHARTOUM (voa-islam.com) - Penguasa militer Sudan telah memindahkan Presiden terguling Omar al Bashir ke tahanan, sumber keluarga mengatakan pada hari Rabu ini (17/4/2019).

Langkah itu diakukan, pada saat demonstran mempertahankan posisi mereka di luar kompleks militer untuk menyerukan pemindahan cepat ke pemerintahan sipil.

Bashir digulingkan oleh militer pada 11 April setelah empat bulan protes atas kebijakannya. Sejak itu, ia berada di bawah tahanan rumah di kediaman presiden di dalam kompleks yang juga menampung kementerian pertahanan.

Menyusul akhir dramatis pemerintahan Bashir selama tiga dekade pekan lalu, ia dipindahkan Selasa malam ke penjara Kober di Khartoum, kata sumber itu tanpa menyebutkan namanya karena alasan keamanan.

Satu sumber penjara mengatakan Bashir ditahan di bawah pengamanan ketat di sel isolasi.

Saksi mata di dekat penjara di Khartoum utara mengatakan ada pengerahan tentara dan anggota kelompok paramiliter di luar.

Penjara Kober, yang terletak di tepi timur Sungai Nil Biru di distrik utara ibukota, menahan ribuan tahanan politik di bawah pemerintahan Bashir selama 30 tahun dan merupakan penjara paling terkenal di Sudan.

[fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version