View Full Version
Jum'at, 19 Apr 2019

Turki Tangkap Agen Mata-mata UEA Salah Satunya Dicurigai Terkait Pembunuhan Khashoggi

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki mengatakan telah menangkap dua mata-mata yang terkait dengan UEA pada hari Senin dan sedang menyelidiki kemungkinan hubungan antara salah satu dari mereka dan pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di konsulat negaranya di Istanbul pada bulan Oktober.

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab adalah sekutu dekat dan keduanya memiliki hubungan yang tegang dengan Turki dalam beberapa tahun terakhir.

Dua agen intelijen UEA "mengaku memata-matai warga negara Arab atas nama Uni Emirat Arab", seorang pejabat senior Turki dikutip mengatakan pada hari Jum'at (19/4/2019), menurut Reuters.

Pejabat itu mengatakan bahwa Turki sedang menyelidiki apakah kedatangan salah satu dari mereka yang ditahan itu memiliki hubungan dengan pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi pada Oktober tahun lalu.

"Fakta bahwa berita penangkapan mereka diumumkan kepada publik empat hari kemudian menunjukkan kecurigaan terhadap mereka sangat kuat," Dr. Ali Bakeer, peneliti senior studi teluk yang berbasis di Turki dengan Pusat Studi Strategis Timur Tengah ORSAM mengatakan kepada The New Arab .

"UEA adalah salah satu tujuan yang digunakan oleh tim pembunuh Saudi selama ekstraksi mereka," tambahnya.

Khashoggi, seorang wartawan veteran dan kolumnis untuk Washington Post, dibunuh di Kedutaan Besar Saudi pada Oktober tahun lalu ketika ia pergi untuk mengambil dokumen untuk pernikahannya yang akan datang.

Kematiannya menimbulkan gelombang kritik global terhadap putra mahkota, meskipun pejabat Saudi mengklaim dia tidak memiliki peran dalam pembunuhan itu.
Data intelijen Turki yang bocor dan laporan CIA menyimpulkan bahwa pembunuhan itu diatur oleh kalangan tertinggi keluarga kerajaan Saudi, yang melibatkan Pangeran Mahkota muda yang berkuasa, Mohammed bin Salman. Namun pemerintahan Trump telah menghindari mengambil tindakan serius terhadap sekutu dekatnya di Teluk.

Investigasi PBB juga menemukan bukti bahwa pembunuhan Khashoggi "direncanakan dan dilakukan" oleh pejabat Saudi.

Arab Saudi tidak mengakui bahwa Khashoggi terbunuh oleh tim beranggotakan 15 orang agen Saudi tetapi menyatakan itu adalah operasi "jahat" dan bahwa kepemimpinan negara itu tidak ada hubungannya dengan insiden itu. (st/TNA)


latestnews

View Full Version