View Full Version
Ahad, 21 Apr 2019

137 Orang Tewas Akibat Ledakan di Hotel-hotel Kelas Atas dan Gereja di Sri Lanka

KOLOMBO, SRI LANKA (voa-islam.com) - Setidaknya 137 orang tewas di Sri Lanka pada hari Ahad (21/4/2019), sumber kepolisian mengatakan kepada AFP, ketika serangkaian ledakan menghantam hotel-hotel kelas atas dan gereja-gereja ketika para penyembah menghadiri kebaktian Paskah.

Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan setidaknya 45 orang telah tewas di Kolombo, tempat tiga hotel dan sebuah gereja dihantam ledakan.

67 lainnya tewas dalam serangan terhadap sebuah gereja di Negombo di utara ibukota, dengan 25 lainnya tewas di sebuah gereja di kota Batticaloa, di timur negara itu.

Sifat ledakan tidak segera jelas dan tidak ada klaim tanggung jawab langsung.

Presiden Maithripala Sirisena dalam pidatonya mengatakan dia terkejut dengan ledakan dan meminta ketenangan.

Ledakan pertama dilaporkan di St Anthony's Shrine - sebuah gereja di Kolombo - dan Gereja St Sebastian di kota Negombo di luar ibukota.

Lusinan orang yang terluka dalam ledakan St Anthony membanjiri Rumah Sakit Nasional Kolombo pada pertengahan pagi, kata seorang pejabat kepada AFP.

‘Serangan bom ke gereja kami, silakan datang dan bantu jika anggota keluarga Anda ada di sana, 'baca sebuah tulisan dalam bahasa Inggris di halaman Facebook Gereja St Sebastian di Katuwapitiya di Negombo.

Tak lama setelah ledakan-ledakan itu dilaporkan, polisi mengkonfirmasi tiga hotel di ibukota itu juga telah dihantam ledakan, bersama dengan sebuah gereja di Batticaloa.

Seorang pejabat di salah satu hotel, Cinnamon Grand Hotel dekat kediaman resmi perdana menteri di Kolombo, mengatakan kepada AFP bahwa ledakan itu telah menghancurkan restoran hotel.

Dia mengatakan setidaknya satu orang tewas dalam ledakan itu.

Seorang pejabat di rumah sakit Batticaloa mengatakan kepada AFP bahwa lebih dari 300 orang telah dirawat dengan luka-luka setelah ledakan di sana.

‘Rapat darurat dihubungi dalam beberapa menit. Operasi penyelamatan sedang berlangsung, 'Menteri Reformasi Ekonomi dan Distribusi Publik Sri Lanka, Harsha de Silva, mengatakan dalam sebuah tweet.

Dia mengatakan dia telah mengunjungi dua hotel yang diserang dan berada di lokasi di St Anthony's Shrine, dan menggambarkan 'adegan mengerikan.'

"Saya melihat banyak bagian tubuh berserakan," ia mentweet, menambahkan bahwa ada "banyak korban termasuk orang asing."

"Harap tetap tenang dan di dalam ruangan," tambahnya.

Foto yang beredar di media sosial menunjukkan atap satu gereja hampir hancur dalam ledakan itu.

Lantainya dipenuhi campuran genteng, serpihan kayu dan darah.

Beberapa orang terlihat berlumuran darah, dengan beberapa berusaha membantu mereka yang mengalami cedera lebih serius.

Gambar tersebut tidak dapat segera diverifikasi.

Hanya sekitar enam persen dari mayoritas penduduk Sri Lanka yang beragama Budha adalah Katolik, tetapi agama itu dipandang sebagai kekuatan pemersatu karena mencakup orang-orang dari kelompok etnis Tamil dan mayoritas Sinhala. (st/GN)


latestnews

View Full Version